Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

JK Jamin Pemerintah Tidak Rugikan Warga Terdampak Proyek Waduk Jatigede

Ia memastikan pemerintah akan membayar tanah warga dengan harga lebih

JK Jamin Pemerintah Tidak Rugikan Warga Terdampak Proyek Waduk Jatigede
TRIBUN/GANI KURNIAWAN
Warga mengendarai kendaraan bermotor di jalan tanah yang melintang di area Bendungan Jatigede, Kabupaten Sumedang, Minggu (30/8/2015). Bendungan ini akan mulai ditutup Senin (31/8), diperkirakan akan menggenangi lebih kurang 4.000 ha selama satu tahun. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) memastikan warga Sumedang, Jawa Barat, yang lahannya terkena dampak proyek waduk Jatigede tidak akan dirugikan. Kata JK pemerintah pasti mengganti lahan warga dengan harga yang pantas.

"Semua sekarang kebijakan pemerintah, semua lahan yang dibebaskan itu untuk kebutuhan proyek pemerintah, itu pasti tidak merugikan orang," kata Jusuf Kalla kepada wartawan di kantor Wapres, Jakarta Pusat, Senin, (31/8/2015).

Ia memastikan pemerintah akan membayar tanah warga dengan harga lebih, agar warga yang lahannya tergusur bisa membeli rumah yang minimal sama baiknya di tempat lain.

Pemerintah menghargai tanah warga sesuai keadaannya. Untuk lahan perkebunan dan pertanian, kata Jusuf Kalla harganya tidak sama dengan lahan yang berfungsi sebagai perumahan.

Bila ternyata belum semua warga menerima ganti rugi, ia berharap hal itu dimaklumi. Pasalnya proses klarifikasi lahan warga tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Hal itu umum terjadi di lokasi penggusuran di mana pun.

"Biasa dimana-mana, harus ada klarifikasi yang betul tanah ini milik siapa," jelasnya.

Ikuti kami di
Add Friend
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas