Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menhan Pantau Markas Batalyon Intai Amfibi

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mendatangi markas Batalyon Intai Amfibi (Yon Taifib) 2 di Marunda, Jakarta Utara

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Menhan Pantau Markas Batalyon Intai Amfibi
Edwin Firdaus/Tribunnews.com
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mendatangi markas Batalyon Intai Amfibi (Yon Taifib) 2 di Marunda, Jakarta Utara, Senin (7/9/2015). Dalam lawatan itu, Menhan memantau latihan para anggota TNI AL yang tergabung dalam batalyon tersebut.

Dengan menunggangi jeep Wrangler, Ryamizaed berkeliling area seluas 115 hektar yang mayoritas masih berbentuk hutan bakau dan rawa-rawa. Bunyi letusan pun tanda berjalannya latihan mengiringi mantan KASAD ini saat berkeliling dengan Jeep Wrangler TNI AL.

Sebagai pusat latihan, menurutnya markas Taifib memang strategis. Namun, ia menggaris bawahi akses berkeliling di area itu, banyak jalan bergelombang karena dulu daerah itu adalah areal tambak.

Karena itu, Ryamizard menginginkan perataan jalanan akses berkeliling. Pasalnya, jika tidak diperbaiki jalanan bisa ambles dan kendaraan militer bakal terjebak. Jika perlu, akan dikerahkan peralatan mengambil pasir dari laut untuk menimbun tanah-tanah bergelombang di situ.

"Ada dua kegunaannya, satu laut menjadi dalam, kedua daratan menjadi rata," kata Ryamizard.

Menurut Ryamizard, kondisi lapangan yang prima menjadi tuntutan serius untuk terus dipenuhi. Apalagi, para prajurit melakukan latihan berat menggunakan alutsista seperti tank amfibi. Terlihat juga latihan Kerjasama Infanteri Tank saat Menhan melakukan kunjungan ini.

Belasan tank jenis BMP 3F dan LVT 7 beerkejaran membentuk formasi di parit-parit untuk simulasi serangan kilat. Untuk memaksimaalkan latihan prajurit, kompleksi ini akan dijadikan Mako Pasukan Marinir 2. Saat ini pembangunan berjalan bertahap dengan target pada 2020, semua pasukan di KKO Cilandak dipindahkan.

BERITA REKOMENDASI

Kritik Menhan itu memang sejalan dengan pembangunan yang direncanakan Dankormar Mayjen, Buyung Lalana. Buyung juga menunjukan maket pembangunan di kompleks Marunda. Tak ketinggalan, pembangunan perumahan untuk pasukan juga ikut diupayakan.

"Korps Marinir yang ada di wilayah barat hampir seluruhnya terpusat di Cilandak. Nantinya semua akan dipindahkan ke sini," kata Buyung.

Hal tersebut disambut positif oleh Ryaamizard dengan mencanangkan untuk meminta bagian dalam program 1 juta rumah dari Menpora. Ia juga memberi saran agar tanah-tanah warga yang berada di sekitar kompleks untuk dibeli saja agar markas dan arena latihan bisa lebih luas lagi. Apalagi saat ini untuk mencari lahan, terutama di Jakarta, bukan hal yang mudah‎.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas