Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
TribunNews | PON XX Papua
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Ekspedisi Kapsul Waktu Ayo Kerja Bakal Sapa Sabang Sampai Merauke

"Rakyat dan pemerintah diharapkan secara gotong royong dalam semangat "Ayo Kerja" mewujudkan 7 resolusi, aspirasi, mimpi, harapan tersebut."

Ekspedisi Kapsul Waktu Ayo Kerja Bakal Sapa Sabang Sampai Merauke
Ist

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencanangkan Gerakan Ayo Kerja di titik 0 km Pulau Sabang pada 10 Maret 2015 lalu, Ekspedisi Kapsul Waktu akan mulai bergerak ke seluruh tanah air.

Program Ekspidisi Kapsul Waktu ini bertujuan menggerakkan semua unsur rakyat untuk terlibat dalam misi Revolusi Mental Ayo Kerja dan bersama-sama mewujudkannya secara gotong royong.

Kepada Tribun, Rabu (16/9/2015) Kordinator Ekspedisi Kapsul Waktu, Jay Wijayanto katakan, perjalanan Kapsul Waktu akan dimulai dari Aceh pada 22 September dan berakhir di Merauke pada tanggal 21 Desember.

"Di setiap daerah yang akan dilalui kapsul waktu diadakan berbagai kegiatan yang diorganisir oleh panda pada saat sebelum hari kedatangan kapsul waktu. Panitia nasional terlibat ke daerah-daerah mengiringi kapsul waktu di panggung utama," ujar Koordinator Panitia Nasional Kirab Budaya Syukuran Rakyat Jokowi-JK 2014 lalu itu kepada Tribun.

Kata Jay, kreativitas panda menyambut kapsul waktu sangat semarak dan berlangsung sejak Maret lalu. Misalnya saat gebyar budaya, festival-festival, talk show radio, seminar, workshop, pelatihan, lomba tulis, karnaval. Dan yang berskala nasional misalnya Konggres sungai di Jateng pada akhir Agustus yang lalu.

Kolaborasi panda dan pan nasional imbuhnya, diperlukan untuk membawa aspirasi masyarakat daerah untuk dimasukkan ke dalam kapsul waktu pada saat kedatangan kapsul waktu di daerah tersebut.

Lebih lanjut diharapkan dalam musyawarah yang akan digelar setiap kali ekspedisi hadir, sebanyak mungkin perwakilan masyarakat bisa datang dan mencapai kemufakatan berupa 7 aspirasi/resolusi rakyat daerah tersebut untuk dimasukkan ke kapsul.

"Rakyat dan pemerintah diharapkan secara gotong royong dalam semangat "Ayo Kerja" mewujudkan 7 resolusi, aspirasi, mimpi, harapan tersebut."

"Pada tahun 2085 yaitu 70 tahun yang akan datang kapsul akan dibuka oleh generasi penerus bangsa untuk memeriksa apakah mereka diwarisi perwujudan resolusi-resolusi tersebut," demikian harapannya.

Kegiatan ini diharapkan bagian dari upaya lompatan kemajuan secara bersama-sama mempercepat mencapai cita-cita bersama negara ini berdiri, cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945 yang akan berusia 100 tahun pada 2045.

Gerakan Ayok Kerja diharapkan juga mampu membangkitkan optimisme, persatuan, kreativitas, kebersamaan, kerja keras, soliditas pusat-daerah maupun pemerintah dengan semua rakyat.

Ekspidisi Kapsul Waktu sebagai bagian Gerakan Ayo Kerja adalah seruan dan gerakan kerja bersama pemerintah dan semua elemen bangsa Indonesia secara inklusif.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Hasanudin Aco
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas