Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hadapi Vonis, Waryono Karno Memohon Keadilan Hakim

Waryono berharap Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Artha Theresia itu dapat menjatuhkan putusan secara adil.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Hadapi Vonis, Waryono Karno Memohon Keadilan Hakim
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Waryono Karno menjalani sidang dengan agenda pembacaan tuntutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Selatan, Rabu (26/8/2015). Dalam sidang itu, jaksa penuntut umum Komisi Pemberantasan Korupsi meminta majelis hakim menjatuhkan hukuman sembilan tahun penjara dan denda Rp200 juta subsider enam bulan kurungan kepada mantan. Menurut jaksa, Waryono terbukti merugikan keuangan negara hingga Rp11,124 miliar, memberikan uang 140 ribu dolar AS kepada politikus Sutan Bhatoegana dan menerima uang 284.862 dolar AS. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Hadapi Vonis Hakim, Waryono Karno Memohon Keadilan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Waryono Karno, dijadwalkan mendengarkan vonis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Rabu (16/9/2015), hari ini.

Ditemui sebelum sidang, Waryono berharap Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Artha Theresia itu dapat menjatuhkan putusan secara adil.

"Harapannya adil, mudah-mudahan beliau dan saya yakin beliau ini kan perwujudan Tuhan berbentuk manusia. Oleh karena itu, saya memohon keadilan dari beliau-beliau. Mudah-mudahan dengan hati nurani yang bijak dengan bersih," kata Waryono kepada wartawan di Pengadilan Tipikor, Jalan HR Rasuna Said Jakarta Selatan.

Dirinya mengaku tidak melakukan korupsi. Justru menuding hanya jadi korban akibat tindakan anak buahnya.

"Dalam proses persidangan buktinya nggak ada (bukti korupsi). Rekening saya bersih, kontraktor nggak ada yang kenal. Sebenarnya yang main di bawah dan cuci tangan ke atas," katanya.

Sebelumnya, Waryono Karno didakwa dengan tiga dakwaan. Pertama, jaksa mendakwanya telah memperkaya diri sendiri, orang lain, dan korporasi. Atas perbuatannya itu, dia didakwa telah merugikan keuangan negara sebesar Rp11.124.736.447.

BERITA TERKAIT

Sementara, pada dakwaan kedua, Waryono didakwa telah memberikan suap sebesar US$140.000 kepada Sutan Bhatoegana selaku ketua Komisi VII DPR.

Pada dakwaan ketiga, Waryono didakwa telah menerima gratifikasi berupa uang sebesar US$284.862 dan US$50.000.

Jaksa menilai bahwa Waryono telah terbukti melakukan perbuatan sesuai yang tercantum dalam surat dakwaan. Jaksa lantas menuntut Waryono Karno untuk divonis pidana penjara selama sembilan tahun dan denda sebesar Rp200 juta subsidair 6 bulan kurungan penjara.

Selain itu, Waryono dituntut membayar ganti rugi keuangan negara sebesar Rp150 juta subsidair satu tahun.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas