Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tim DVI Indonesia Bantu Percepat Identifikasi Jenazah Korban Mina

DVI Polri dilibatkan mengidentifikasi kemungkinan masih adanya jenazah jemaah asal Indonesia korban tragedi Mina yang belum dikenali.

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Y Gustaman
zoom-in Tim DVI Indonesia Bantu Percepat Identifikasi Jenazah Korban Mina
tribunnews.com/tribunnews.com/Adi Suhendi
Tampak sebuah bangunan sederhana berada di tempat Pemulasaraan Jenazah Al Muaishim tepat di seberang gedung jenazah korban Mina disemayamkan. Dinding bata setinggi kurang lebih 2,5 meter mengelilingi bangunan tersebut sekaligus menyangga rangka besi atap bangunan berbahan asbes. Bangunan tersebut bagian luarnya didominasi warna putih. Bangunan yang berada di wilayah Mina, Mekkah. Di dalam gedung tersebut tidak ada sekat-sekat, ruangannya melompong layaknya aula pertemuan dimana lebar bangunan kurang lebih 10 meter dan panjang 20 meter. Sebuah pintu berukuran 1,5 x 2 meter disiapkan untuk tempat masuk dan keluar orang. tribunnews.com/ Adi Suhendi 

Tim DVI Indonesia Bantu Percepat Identifikasi Jenazah Korban Mina

Laporan wartawan tribunnews.com : Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, JEDDAH - Hampir sepekan lebih proses identifikasi jenazah korban Mina belum rampung. Masih ada lima kontainer jenazah belum diidentifikasi dan rencananya dalam waktu dekat proses itu akan dilakukan di Jeddah.

Guna mempercepat proses identifikasi jenazah kemungkinan asal Indonesia, tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri diturunkan untuk bergabung dengan pihak kepolisian Arab Saudi.

"Menteri Luar Negeri dan Wakil Menteri Luar Negeri bersama Pemerintah Arab Saudi sesuai surat permintaan yang kita ajukan disetujui supaya bisa melibatkan tim DVI kita," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Jeddah, Kamis (1/9/2015).

Lukman berharap kemampuan tim DVI Indonesia memproses identifikasi bisa lebih cepat, mengingat kondisi jenazah saat ini sudah terlalu lama sehingga agak sulit dikenali secara kasat mata.

"Kita harapkan tim DVI kita bisa tiba di Jeddah besok dan bergabung dengan petugas Arab Saudi. Mudah-mudahan jumlah korban tidak bertambah lagi dan semuanya bisa cepat selesai," kata Lukman.

BERITA REKOMENDASI

Tim DVI Indonesia akan diberangkatkan menuju Arab Saudi, Kamis (1/9/2015) malam. Tim dipimpin Kombes Masudi dengan delapan anggota lainnya termasuk di dalamnya dua anggota Inafis.

Selama di Arab Saudi tim DVI Indonesia akan didampingi tim Konsulat Jenderal KBRI Riyadh dan petugas penghubung Kepolisian Arab Saudi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas