Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kapolri: Kapolres Aceh Singkil Salah Perhitungan Antisipasi Bentrok

"Memang dalam konteks ini ada kelemahan prediksi dari Kapolresnya. Sudah ditanya sama Kapolda Aceh apakah butuh backup, dia jawab tidak," ujar Kapolri

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Y Gustaman
zoom-in Kapolri: Kapolres Aceh Singkil Salah Perhitungan Antisipasi Bentrok
SERAMBI INDONESIA/DEDE ROSADI
Sebuah rumah ibadah terbakar di Desa Suka Makmur, Gunung Meriah, Aceh Singkil, Aceh, Selasa (13/10/2015). Kerusuhan terjadi diduga akibat rencana pembongkaran rumah ibadah oleh Pemkab Aceh Singkil. SERAMBI INDONESIA/DEDE ROSADI 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengakui ada kelemahan Kapolres Aceh Singkil ketika mengantisipasi bentrokan yang mengakibatkan satu korban tewas dan empat luka-luka, Selasa (13/10/2015).

"Memang dalam konteks ini ada kelemahan prediksi dari Kapolresnya. Sudah ditanya sama Kapolda Aceh apakah butuh backup, dia jawab tidak," terang Badrodin di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (‎16/10/2015).

Badrodin melanjutkan, masalah seperti bentrokan di Aceh Singkil memang bergantung pada kepala satuan wilayah setempat, dalam hal ini Kapolres Aceh Singkil.

"‎Itu tergantung Kasatwilnya, respon Kasatwil kan berbeda-beda. Ada yang memang over dan underestimate. ‎Ada yang mungkin karena kemampuannya memprediksi tidak sama satu sama lain," tutur dia.

Dalam kasus ini Polres Aceh Singkil telah menetapkan 10 tersangka. Tiga orang berinisial S, N, dan I sudah ditahan di Polres Aceh Singkil‎ dan dikenai pasal berlapis yaitu 187, 160, 169, 170 KUHP dan jo pasal 55 KUHP.

Sementara tujuh tersangka lainnya masih buron. Termasuk pelaku penembakan yang identitasnya sudah diketahui tengah diburu petugas di beberapa lokasi yang diduga persembunyiannya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas