Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

LSM yang Menolak Bela Negara Dinilai sebagai Antek Asing

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus dipertahankan dan turunannya adalah kegiatan Bela Negara.

Penulis: Hasanudin Aco
zoom-in LSM yang Menolak Bela Negara Dinilai sebagai Antek Asing
Puspen TNI/Puspen TNI
Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu memberikan pembekalan bela negara kepada peserta Pramuka Saka Bahari dan Pemuda Bahari daerah setempat, di Pantai Bura Kabupaten Parigi Moutong, Jumat (18/09/2015). Sebelum acara pembekalan Menhan RI, dilaksanakan penyambutan dengan sebuah tarian kolosal Laksamana Raja Dilaut oleh Pramuka Pelantara V 2015 dengan pakaian khas daerah masing-masing. Acara tersebut dihadiri oleh Dirjen Kuathan Kemhan Laksda TNI Agus Purwoto, Dirjen Pothan Kemhan Laksma TNI Muhamad Faisal Manaf, Kapinsaka Bahari Brigjen TNI Mar Tommy Basari N. S.E, Bupati Parigi Moutong H. Samsurizal Tombolotutu serta Dansatgas Pelantara V Kolonel Laut (P) Hari Mulyadi, S.E, M.M. (*) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Studi Demokrasi Rakyat (SDR), Hari Purwanto, mengatakan semangat bela negara yang diinginkan oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu sudah sesuai dengan amanah UUD 1945 pasal 30 ayat 2 UUD 1945 menyatakan "Usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh TNI dan POLRI sebagai kekuatan utama, dan rakyat sebagai kekuatan pendukung".

"Namun ide atau gagasan kader bela negara mendapat penolakan dari LSM-LSM yang sudah menjadi rahasia umum mereka kepanjangan dari asing (antek-anteknya)," kata Hari dalam keterangannya, Jumat (16/10/2015).

Ditegaskan penolakan yang dilakukan hanya bicara soal anggarannya saja, padahal kader Bela Negara saat ini dibutuhkan menjadi penyegar disaat bangsa ini tak tentu arahnya.

"Kader bela negara lahir pada saat yang tepat untuk melahirkan kader-kader Bela Negara terutama komponen pemuda dan mahasiswa yang sedang mengalami degradasi dampak dari budaya barat yang telah merusak tatanan bangsa ini," ujarnya.

Menurut Hari, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus dipertahankan dan turunannya adalah kegiatan Bela Negara.

"Dan konsep Bela Negara yang lebih programatik harus di ejawantahkan segera mungkin agar NKRI tak karam oleh lembaga-lembaga kepanjangan tangan asing (antek-anteknya)," kata Heri.

Menurut dia antek-antek asing yang track record-nya jelas-jelas menjual HAM kepada para donatur-donaturnya yang berada di luar negeri.

BERITA TERKAIT

"Maka konsep bela negara adalah menjaga keutuhan NKRI semata dari kondisi global saat ini," kata Heri.

Dijelaskan Heri proxy war antara AS dan sekutunya serta China dan sekutunya harus dijawab segera oleh para pemangku kebijakan bangsa ini dan jawaban tersebut adalah dengan kader bela negara demi NKRI yang berdaulat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas