Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mantan Kasal RI Terima Penghargaan dari Australia

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio telah terpilih untuk menerima penghargaan dari Australia.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Mantan Kasal RI Terima Penghargaan dari Australia
Dispenal
Mantan Kasal Laksamana TNI (Purn) Marsetio menerima penghargaan dari pemerintah Australia. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio telah terpilih untuk menerima perwira kehormatan Order Of Australia (Divisi Militer) dalam sebuah upacara di kantor Kedutaan Australia, Jakarta, Senin (26/10/2015).

Dalam rilis yang diterima Tribunnews, disebutkan, penghargaan ini diberikan karena Dr Marsetio dinilai selama ini telah bekerja keras memperkuat hubungan antara Indonesia dan Australia.

Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson mengatakan penghargaan ini mengakui karier cemerlang sang purnawirawan bintang empat ini, khususnya memfasilitasi koordinasi antara kedua angkatan pertahanan sepanjang masa tugasnya.

"Karya Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio di antaranya membangun kembali latihan gabungan reguler antara TNI AL dan Royal Australian Navy, operasi-operasi patroli yang terkoordinir, dan diplomasi pertahanan yang pragmatis dan terbuka pada masa sulit di tahun 1999 dan 2014, sehingga lahirlah kenegarawan dan kepemimpinan militer,” Duta Besar Grigson dalam sambutannya

“Penghargaan itu juga mengakui upaya-upaya beliau untuk memodernisir Angkatan Laut Indonesia yang menjadikannya kekuatan maritim utama di Kawasan Asia,” katanya.

Order of Australia (AO) mengakui pencapaian dan pelayanan luar biasa.

Penghargaan ini sangat sedikit diberikan setiap tahunnya, dan lebih sedikit lagi disematkan pada petinggi dari negara lain.

BERITA REKOMENDASI

Kepala Staf Angkatan Laut Australia dan Indonesia baru-baru ini menandatangani kesepakatan untuk memperkuat kerjasama maritim dan keamanan di kawasan.

Kedua angkatan laut telah melakukan patroli udara dan laut yang terkoordinir dalam beberapa bulan belakangan ini untuk mengamankan batas-batas Zona Ekonomi bersama dan untuk melindungi laut Indonesia dan Australia dari eksploitasi sumber daya perikanan serta berkontribusi pada keamanan kawasan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas