Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

'Washington Post' Sebut Menhan Ryamizard sebagai Presiden Joko Widodo

Pada Selasa (27/10) ini, Washington Post menurunkan tulisan soal kunjungan kenegaraan Jokowi bertemu Obama di Gedung Putih.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in 'Washington Post' Sebut Menhan Ryamizard sebagai Presiden Joko Widodo
IST/Kompas.com
The Washington Post edisi Senin (27/10/2015), halaman A 10, menyebut Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu sebagai Presiden Joko Widodo. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyelesaikan kunjungan kerja pertamanya ke Amerika Serikat pada hari ini, Selasa (27/10/2015).

Meski Jokowi dan rombongan telah bertolak kembali ke tanah air, namun cerita kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu di negeri Paman Sam masih menjadi perbincangan.

Bukan hasil pertemuan antara Jokowi dan Presiden AS Barrack Obama yang saat ini jadi perbincangan hangat para pengguna media sosial.

Melainkan, sebuah keterangan foto di surat kabar Washington Post yang salah mengidentifikasi Presiden Jokowi.

Pada Selasa (27/10) ini, Washington Post menurunkan tulisan soal kunjungan kenegaraan Jokowi bertemu Obama di Gedung Putih.

Di halaman A10, terdapat sebuah foto hasil jepretan Jim Watson dari Agence France-Presse yang menampilkan prajurit AS dan juga Menteri Pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu sedang hormat di samping Sekretaris Pertahanan AS Ashton B. Carter saat hadir di Pentagon.

BERITA TERKAIT

Namun, pada keterangan foto, bukan nama Ryamizard yang dicantumkan.

Washington Post justru salah mengidentifikasikan pria berjas dengan dasi merah itu sebagai Presiden Jokowi. Ada pun, keterangan yang dibuat surat kabar itu bertuliskan "Indonesian President Joko Widodo salutes a color guard at the Pentagon, on Monday. At right is Defense Secretary Ashton B. Carter".

Foto ini pun kemudian menyebar di jejaring media sosial dan menjadi perbincangan. Presiden Jokowi sendiri pada hari itu tidak berada di Pentagon.

Di hari yang sama, Jokowi bertemu petinggi Chevron dan General Electric.

Setelahnya, Jokowi bertemu dengan Obama di Gedung Putih dan dilanjutkan dengan US Chamber of Commerce di kantor kamar dagang AS tersebut.

Sehari setelahnya, Presiden Jokowi kembali melakukan pertemuan di antaranya dengan Wakil Presiden AS Joseph Biden, menyapa komunitas muslim Indonesia di AS, bertemu dengan MPR AS, serta berdialog dengan para fund Manager seluruh AS.

Pada sore hari, Jokowi beserta rombongan bertolak ke tanah air dan dijadwalkan tiba pada Kamis (29/10/2015) pagi.

Penulis: Sabrina Asril

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas