Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PDIP: Alotnya Pembahasan RAPBN 2016 Bagian Dinamika Politik

Dinamika politik di DPR menyikapi Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2016 berubah cepat

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Sanusi
zoom-in PDIP: Alotnya Pembahasan RAPBN 2016 Bagian Dinamika Politik
Tribunnews/Herudin
Presiden Joko Widodo berpidato pada Sidang Paripurna DPR, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (14/8/2015). Sidang tersebut beragendakan mendengar pidato presiden dalam rangka penyampaian keterangan pemerintah atas RUU tentang APBN 2016 dan nota keuangan pemerintah. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dinamika politik di DPR menyikapi Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2016 berubah cepat dan menjadi perdebatan sehingga alot dalam pengesahannya.

Politikus PDI Perjuangan, Risa Mariska, mengatakan seharusnya pada rapat paripurna kemarin tidak ada lagi interupsi atau penolakan dari Fraksi Gerindra terkait dengan pembahasan RUU APBN Tahun Anggaran 2016.

"Pembahasan tentang Rancangan UU APBN 2016 sudah disetujui oleh 9 fraksi dan pembahasan ini sebelumnya juga sudah dibahas di komisi dan Banggar. Seharusnya tidak lagi ada interupsi ataupun penolakan dari beberapa frraksi," kata Risa melalui pesan singkatnya, Sabtu (31/10/2015).

Anggota Komisi III DPR RI itu menuturkan, perbedaan pandangan fraksi terhadap RAPBN 2016 merupakan dinamika yang biasa terjadi di DPR.

Konsekuensi atas perbedaan sikap itu kemungkinan rapat paripurna berjalan alot dan diwarnai hujan interupsi, bahkan bisa berujung pada menerima atau menolak RAPBN 2016. "Dan akhirnya RAPBN 2016 telah disahkan jadi UU APBN," tandasnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas