Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bawaslu : Jangan Goda Kami Meski Kantong Masih Menghadap ke Langit

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Muhammad mengimbau kepada seluruh incumbent dan juga tim sukses pasangan calon untuk tidak mencoba memberikan u

Penulis: Amriyono Prakoso
Editor: Adi Suhendi

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Amriyono Prakoso

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Muhammad mengimbau kepada seluruh incumbent dan juga tim sukses pasangan calon untuk tidak mencoba memberikan uang dan juga pemberian dalam bentuk lainnya kepada pihak Panwaslu di daerah.

Muhammad sadar bila anggota Panwas di lapangan merupakan manusia biasa.

"Kami ini manusia biasa. Jangan goda kami meski kantong kami masih menghadap ke langit," papar Muhammad di Ocean Ecopark, Jakarta, Kamis (12/11/2015).

Hal tersebut menurutnya merupakan sebuah kendala Panwaslu sebagai penyelenggara Pemilu dianggap tidak independen dalam melaksanakan tugas.

Muhammad mengakui bahwa banyak anggota Panwaslu yang akhirnya dipecat karena ada indikasi tidak netral dalam menjalankan fungsinya.

"Kami banyak pecat anggota yang masuk angin dan terindikasi tidak netral. Jadi kami meski lembaga adhoc kami ingin semangatnya sama dengan lembaga permanen lainnya," tambahnya.

BERITA TERKAIT

Karena itu, Muhammad juga meminta kepada pemimpin pemerintah daerah yang juga merupakan anggota partai politik untuk tidak mencoba menggoda anggota Panwaslu, kalau tidak maka akan habis anggotanya.

"Tolong ingatkan partai politik bahwa politik uang itu bukan hanya pelanggaran tapi juga kejahatan Pemilu," kata Muhammad.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas