Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Berharap HMI Menjadi Lokomotif Pergerakan Islam di Indonesia

HMI diharapkan ke depannya terus berkontribusi untuk mencetak kader insan cita

Penulis: Johnson Simanjuntak
zoom-in Berharap HMI Menjadi Lokomotif Pergerakan Islam di Indonesia
net
Logo HMI 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Fungsionaris PB HMI 2010-2012 Hadi Suprapto Rusli berharap kongres PB HMI 29 di Pekanbaru tidak saja menjadi seremoni pergantian pengurus, tetapi juga harus menjadi momentum melakukan konsolidasi internal untuk terus memperkuat HMI sebagai organisasi kader

HMI diharapkan ke depannya terus berkontribusi untuk mencetak kader insan cita yang bermanfaat bagi negara Indonesia.

Membangun kader insan cita, kata Hadi, sebagaimana yang termaktub di dalam AD/ART HMI, menjadi penting mengingat bangsa Indonesia yang sebentar lagi menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

“Yang tentu saja kualitas kader yang inovatif, kreatif, dan islami menjadi prasyarat utama agar bisa kompetitif dengan masyarakat ASEAN,” ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Jumat (27/11/2015)

Hadi menambahkan sebagai organisasi mahasiswa tertua di Indonesia, HMI juga dituntut pro aktif terhadap isu-isu nasional yang menggerogoti sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Isu freeport, korupsi, dan teroris yang merusak citra Islam di dunia international tidak boleh luput dari gerakan HMI.

Hadi berharap ketua umum yang terpilih pada kongres kali ini adalah kader terbaik HMI yang memiliki kapasitas intelektual dan pergerakan yang baik sehingga mampu mendorong HMI sebagai lokomotif pergerakan Islam di Indonesia yang sensitif terhadap perkaderan dan isu-isu nasional maupun isu dunia internasional.

BERITA REKOMENDASI

Selain itu Hadi mengapresiasi pelaksanaan kongres yang melibatkan akuntan publik sebagai langkah transparansi dan pertanggungjawaban publik terhadap anggaran yang digunakan untuk kongres.

“Hal ini tentu saja akan menjadi contoh bagi oraganisasi mahasiswa maupun pemuda di seluruh Indonesia,” katanya.

Ia juga menyarankan, di tengah tren digital saat ini, ke depan agar HMI mampu menjadi pelopor pelaksanaan kongres yang menggunakan e-voting.

Sehingga untuk pelaksanaan kongres di periode mendatang, kader HMI tidak perlu lagi bertemu di suatu tempat, tetapi para kader bisa melakukan pemilihan di cabang-cabangnya masing-masing.

“Adapun pertemuan dalam lingkup nasional bisa dilakukan dalam bentuk silatnas HMI maupun kegiatan lainnya,” tukasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas