Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
TribunNews | PON XX Papua
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Jaringan Kelompok ISIS

BNPT: Simpatisan ISIS Telah Tercampur di Masyarakat

Komjen Saud Usman, mengatakan ratusan orang tersebar dan telah tercampur baur di masyarakat.

BNPT: Simpatisan ISIS Telah Tercampur di Masyarakat
Sriwijaya Post/Refli Permana
Saud Usman Nasution. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengidentifikasi jaringan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). 169 orang WNI dideportasi dari Suriah. Mereka telah berada di tanah air.

Kepala BNPT, Komjen Saud Usman, mengatakan ratusan orang tersebar dan telah tercampur baur di masyarakat. Mereka mencoba membawa paham radikal ke luar kelompok melalui pengajian.

Setelah dilakukan identifikasi bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Ditjen Keimigrasian, kata dia, ratusan orang itu tersebar di Pulau Jawa, Pulau Sumatera, dan Pulau Kalimantan.

"Mereka tinggal di masyarakat. Tinggal diantara kita. Mereka sebagian dakwah dari dalam ke luar," tutur Komjen Saud Usman, Sabtu (12/12).

Untuk mencegah terjadi aksi teroris, kata dia, BNPT melakukan dialog.

BNPT memberikan pemahaman dan mengajak masyarakat supaya dapat meminimalisir kesempatan.

Peran Badan Pembinaan Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) diperlukan. Jadi masyarakat melaporkan apabila ada yang mencurigakan bisa segera ditindak.

Dia menilai ancaman berupa penembakan, pengeboman, dan penculikan itu terjadi di mana-mana. Sejak zaman Indonesia merdeka itu sudah ada. Sekarang, diperlukan upaya meminimalisir kesempatan.

"Kalau ada niat kalau ada kesempatan dia melakukan. Pencegahan objek vital dan bandara ditingkatkan. Semua objek, pasar, pelabuhan, stasiun, orang ada acara," katanya.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas