Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polri Terima Seluruh Laporan Setya Novanto

‎Setiap orang punya hak untuk melapor dan mengadu

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Polri Terima Seluruh Laporan Setya Novanto
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Brigjen Pol. Agus Rianto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Agus Rianto membenarkan pihak Bareskrim menerima tiga laporan polisi yang dibuat oleh Ketua DPR RI, Setya Novanto melalui beberapa kuasa hukumnya dalam beberapa hari terakhir ke Bareskrim Polri.

"‎Setiap orang punya hak untuk melapor dan mengadu terserah mereka melapor kemana. Semua laporan itu kami dalami dan kami kaji," ucap Agus, Selasa (14/12/2015) di Mabes Polri.

Termasuk soal adanya laporan dari pengacara Novanto yakni Razman Arif Nasution yang melaporkan Pemimpin Redaksi Metro TV atas tuduhan fitnah dan pencemaran nama baik melalui ITE dalam sebuah tayangan.

Laporan itu tertuang dalam laporan polisi nomor LP/1392/XII/2015/Bareskrim.

Menurut Agus, untuk memproses laporan ini penyidik akan berkoordinasi dengan pihak Dewan Pers untuk melakukan pendalaman.

Nantinya apabila setelah didalami ternyata ada unsur pidana, maka akan ditindaklanjuti.

"Ditelusuri dulu, ada unsur pidana atau tidak. Kalau tidak terpenuhi tidak dilanjutkan. Kalau terpenuhi seluruh pihak yang terkait akan dimintai keterangan," kata Agus.

BERITA TERKAIT

Untuk diketahui, ‎kasus dugaan pencatutan nama presiden dan wakil presiden atas saham freeport yang dilaporkan Menteri ESDM, Sudirman Said ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) terus berproses.

Saat ini sidang etik terhadap Ketua DPR RI, Setya Novanto masih bergilir di MKD‎. Selain itu, kasus yang ramai diperbincangkan soal "Papa minta saham" ini juga diproses di Kejaksaan Agung.

Setidaknya dalam empat hari terakhir sejak Jumat (11/12/2015) hingga hari ini, Senin (14/12/2015) ada tiga laporan polisi berbeda dari masing-masing kuasa hukum Novanto ke Bareskrim.

Pertama laporan dari pengacara Novanto‎ yakni Firman Wijaya yang melaporkan Menteri ESDM, Sudirman Said dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Maroef Sjamsoeddin‎ atas dugaan pencemaran nama baik, dengan nomor laporan LP/1385/XII/2015/Bareskrim tertanggal 11 Desember 2015.

Lalu Senin 14 Agustus 2015 sore, ada dua pengacara Novanto yang melapor ke Bareskrim yakni Razman Nasution dan Aga Khan, keduanya datang terpisah dan membuat laporan yang berbeda.

Aga Khan mewakili Novanto, melaporkan Sudirman Said atas tuduhan pemalsuan alat bukti rekaman yang diserahkan ke MKD. Laporan ini tertuang dalamLP/1391/XII/2015/Bareskrim.

‎Terakhir, pengacara Novanto lainnya, Razman Arif Nasution melaporkan Pemimpin Redaksi Metrotv atas tuduhan fitnah dan pencemaran nama baik melalui ITE dalam sebuah tayangan. Laporan itu tertuang dalam laporan polisi nomor LP/1392/XII/2015/Bareskrim.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas