Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

NasDem Minta Pimpinan DPR Kocok Ulang Pascapengunduran Diri Setya Novanto

Johnny mengatakan paket pimpinan baru selanjutnya diputuskan melalui sidang paripurna DPR RI

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in NasDem Minta Pimpinan DPR Kocok Ulang Pascapengunduran Diri Setya Novanto
Tribunnews/Valdy Arief
Ketua DPR RI yang telah mengundurkan diri, Setya Novanto memberikan pernyataan permohonan maaf di kediamannya, Jalan Wijaya XIII No. 19, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (16/12/2015) malam. Ia memohon maaf kepada seluruh rakyat Indonesia. Menurutnya, pengunduran dirinya dari jabatan Ketua DPR RI demi kepentingan negara. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Fraksi NasDem bereaksi atas pengunduran diri Setya Novanto sebagai Ketua DPR.

Wakil Ketua Fraksi NasDem Johnny G Plate menegaskan pengunduran diri Novanto harus ditindaklanjuti dengan pergantian Pimpinan DPR RI mengacu pada UU MD3.

"Untuk itu seluruh unsur pimpinan DPR RI diganti dengan paket pimpinan baru mengingat bahwa Setnov Cs sebagai pimpinan DPR diangkat sebagai satu paket," kata Johnny melalui pesan singkat, Kamis (17/12/2015).

Johnny mengatakan paket pimpinan baru selanjutnya diputuskan melalui sidang paripurna DPR RI. Ia mengharapkan pimpinan yang baru mampu meningkatkan kinerja DPR RI dan menjaga martabat lembaga dengan baik.

Untuk itu, kata Anggota Komisi XI DPR itu, dibutuhkan pimpinan dengan yang berpengalam, mempunyai kompetensi dan track record yang baik.

"Semua pimpinan DPR RI harus diganti mengingat mereka diangkat sebagai satu paket," tuturnya.

BERITA REKOMENDASI

Menurut Johnny, kocok ulang pimpinan DPR merupakan konsekuensi sesuai UU MD3 dan tata tertib DPR. Hal itu berbeda dengan revisi UU MD3. "Revisi UU MD3 itu soal yang lain, jika saja mayoritas fraksi merasa perlu merubahnya maka itu dapat dilakukan‎," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas