Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketua KPK Agus Rahardjo Berjanji Perluas OTT

pimpinan baru KPK akan menyeimbangkan bidang pencegahan dan pemberantasan korupsi.

Penulis: Eri Komar Sinaga
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Ketua KPK Agus Rahardjo Berjanji Perluas OTT
Tribunnews/Herudin
Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jilid IV yang terpilih Agus Rahardjo (ketua), Alexander Marwata, Basaria Panjaitan, Laode Muhammad Syarif, dan Saut Situmorang berfoto bersama di Gedung KPK, Jakarta Selatan, sebelum dilantik di Istana Negara, Senin (21/12/2015). Kelima pimpinan KPK yang baru ini akan dilantik di Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo untuk periode 2015-2019. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Agus Rahardjo berjanji akan memperkuat operasi tangkap tangan (OTT) yang selama ini menjad ciri khas lembaga antirasuah itu.

Agus berjanji selama empat tahun ke depan, pimpinan baru KPK akan menyeimbangkan bidang pencegahan dan pemberantasan korupsi.

"Saya pribadi malah cukup mengagumi dari OTT Itu. Caranya gimana ya kok tahu-tahu tangkap tangan? Saya pengen itu diperluas," kata Agus saat memberikan sambutan serah terima pimpinan KPK 2011-2015 ke periode 2015-2019 di Auditorium KPK, Jakarta, Senin (21/12/2015).

Namun, Agus memberikan catatan terkait OTT tersebut.

Kata dia, jika hasil OTT ternyata bukan lah kasus besar atau big fish, kasus tersebut diserahkan ke kejaksaan atau kepolisian dalam rangka koordinasi dan supervisi.

"Kasus kecil didelegasikan dan diawasi karena fungsi kita juga mengawasi," kata Agus.

Agus mengakui, dirinya beserta empat pimpinan lainnya tentu membawa beban nama besar KPK.

BERITA REKOMENDASI

Kata dia, marwah KPK tetap harus dijaga agar menjadi role model bagi institusi atau lembaga lainnya.

Agus berharap di kepemimpinan baru KPK, indeks persepsi korupsi di Indonesia bisa semakin baik karena skor Indonesia saat ini adalah 34. Sementara skor Malaysia sudah 50.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas