Tribun

Seputar Kredit

Syarat Pinjaman Uang untuk Bayar Kartu Kredit

Jangan sampai tunggakan utang kartu kredit menggunung dan "berbunga-bunga". Lebih baik lakukan cara-cara ini agar kondisi keuangan selalu sehat!

Admin: Sponsored Content
Syarat Pinjaman Uang untuk Bayar Kartu Kredit
ISTIMEWA

TRIBUNNEWS.COM - Utang kartu kredit lama-kelamaan ‘menggunung’, Anda pun merasa kelimpungan, merasa tidak akan mampu membayarnya.

Kalau bicara ‘seandainya’ sih memang tidak mungkin lagi. Seandainya dulu menggunakan kartu kredit dengan baik, seandainya tidak boros dan seandainya, seandainya dan seandainya... Nasi sudah jadi bubur, kata pepatah.

Sekarang ada baiknya Anda tak perlu meratapi sesuatu yang tak bisa diulang kembali.

Ah, mungkin pinjaman uang tanpa jaminan dari KTA untuk bayar kartu kredit bisa jadi opsi terbaik. Tapi ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Salah-salah, utang Anda malah jadi ‘berbunga-bunga’.

Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

Berhentikan Gunakan Kartu Kredit Sementara Waktu

Cara terbaik mengatasi masalah genting ini tentu saja berhenti sementara waktu gunakan kartu kredit. Anda tentu tidak mau menambah nominal utang Anda, bukan?

Memang bunga tagihan tak akan berhenti, meskipun Anda tidak menggunakan kartu kredit. Namun, setidaknya Anda tidak menambah utang.

Buatlah skala prioritas mana yang harus dilunasi terlebih dahulu. Hal ini khususnya jika Anda punya dua atau lebih kartu kredit. Anda bisa membuat skala prioritas mana yang terlebih dahulu dilunasi.

Yang pertama, melunasi kartu kredit yang punya bunga paling besar. Pilihan kedua bisa dengan lunasi tagihan terkecil dulu.

Bagaimana cara melunasinya? Ini tentu jadi pertanyaan yang paling bikin bingung. Apalagi kalau Anda hanya mengandalkan gaji selama ini.

Ada beberapa pilihan sebenarnya yang bisa Anda pertimbangkan, yakni sebagai berikut:

Gali Lubang Tutup Lubang

Yap! Ini adalah opsi yang sempat disinggung di awal artikel yakni gunakan pinjaman uang dari KTA untuk menutup tunggakan kartu kredit.

Cara ini mungkin kelihatannya mudah. Anda pun diperbolehkan menggunakannya. Asalkan... Bunga KTA lebih kecil daripada bunga kartu kredit Anda.

Kalau bunganya ternyata melebihi bunga kartu kredit ya sama saja. Contohnya jika kartu kredit Anda punya bunga 2,95% maka produk KTA yang harus Anda pilih haruslah punya suku bunga di bawah angka tersebut.

Tentu dengan catatan, biaya-biaya lain dari KTA tersebut juga tidak memberatkan.

Jual Aset Anda atau Gunakan Tabungan

Daripada menggunakan utang untuk tutupi utang, lebih baik kalau Anda menggunakan apa yang sudah dimiliki. Setidaknya tidak menambah beban utang dan Anda lebih tenang karena tidak dikejar-kejar.

Artikel terkait: Cara Ajukan Pinjaman Bunga Rendah

Cari Penghasilan Tambahan

Bagaimana kalau ternyata tabungan atau aset yang dimiliki tak mencukupi atau Anda merasa tidak rela menjual aset yang sudah Anda punya? Cara berikut bisa Anda lakukan yaitu cari penghasilan tambahan.

Tentu saja jika memungkinkan, ya. Yang penting pekerjaan freelance tidak mengganggu pekerjaan utama Anda tak masalah.

Negosiasi dengan Pihak Bank

Opsi terakhir yang bisa Anda lakukan selanjutnya jika ingin lunasi utang kartu kredit adalah bernegosiasi dengan pihak bank. Mintalah untuk menghentikan bunga sehingga utang tidak semakin ‘menggunung’.

Sembari Anda berusaha untuk bayar utang-utang kartu kredit tersebut, berlaku hemat adalah tindakan paling bijaksana di atas semuanya.

Jika gaya hidup Anda masih sama seperti ketika Anda tidak ‘sadar’ telah menumpuk utang, utang kartu kredit yang Anda miliki tidak bakal habis. Suatu kesalahan tentu ada bayarannya, bukan?

Nah, kali ini bayarannya adalah dengan menurunkan standar gaya hidup selama ini.

Dengan berhemat, Anda akan punya uang lebih untuk melunasi tagihan kartu kredit yang sudah lama menumpuk.

Baca juga: 5 Cara Bank Setujui Pinjaman Anda 
(advertorial) 

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas