Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Masih Ada Gejolak, Mendagri Minta Aparat Siaga

Tjahjo Kumolo, menilai kerja Polri, TNI, dan BIN telah optimal mengamankan Indonesia selama pelaksanaan Pilkada 2015.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Sanusi
zoom-in Masih Ada Gejolak, Mendagri Minta Aparat Siaga
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Mendagri Tjahjo Kumolo meninjau TPS 17 yang merupakan TPS tempat Calon Walikota Airin Rachmi Diany mencoblos di Alam Sutera, Tangerang Selatan, Rabu (9/12/2015). Mendagri mengecek dan memeriksa kesiapan di beberapa TPS di Kota Tangsel untuk memastikan Pilkada Serentak 2015 ini berlangsung dengan baik. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, menilai kerja Polri, TNI, dan BIN telah optimal mengamankan Indonesia selama pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2015.

Dia berharap upaya pengamanan tersebut tetap dilakukan sampai penetapan pasangan calon pemenang dan hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang paling lambat 12 Februari 2016.

"Saya meyakini Polri, TNI, BIN sudah melakukan deteksi dini untuk bisa melakukan antisipasi masalah-masalah politik," tutur Tjahjo Kumolo kepada wartawan di Jakarta, Rabu (23/12/2015).

Untuk menjaga keamanan, kata politisi PDI Perjuangan itu tidak hanya tugas TNI dan Polri. Tetapi diperlukan dukungan semua pihak termasuk instansi pemerintah daerah.

Oleh karena itu, dia meminta kepada pemda mengerahkan semua Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk mengamankan semua instansi pemda.

"Koordinasi di daerah oleh gubernur, wali kota, sampai bupati, camat, harus terus bersinergi dengan Polri, TNI, BIN. Tidak mungkin minta tolong sepenuhnya ke polisi," kata dia.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas