Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ini Dia Trik Mudah Cara Ajukan KTA di Bank!

Jangan tertipu banyak tawaran pinjaman uang. Cek dan bandingkan dulu Kredit Tanpa Agunan (KTA) secara online biar rencana keuangan makin teratur

zoom-in Ini Dia Trik Mudah Cara Ajukan KTA di Bank!
ISTIMEWA

TRIBUNNEWS.COM - Kebutuhan memang tak pernah bisa dipisahkan dari kehidupan. Apalagi seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, hal itu juga memaksa kita memiliki kebutuhan yang lebih luas ketimbang era sebelumnya.

Atas dasar persoalan tersebut, orang-orang kini berlomba untuk bekerja dan berkarya guna memenuhi kebutuhan hidupnya.

Meski demikian, terkadang penghasilan atau pendapatan yang telah kita terima seakan masih kurang dalam memenuhi segala kebutuhan. Apalagi kebutuhan-kebutuhan yang bersifat mendadak dan mendesak.

Pundi-pundi tabungan yang telah dihimpun selama bertahun-tahun juga terkadang masih kurang untuk menutupi permasalahan yang bisa saja muncul di kemudian hari.

Alhasil, kita memerlukan pinjaman uang untuk menutupi kebutuhan yang mendesak itu.

Namun, meminjam uang meski kepada keluarga dan kerabat terdekat pun tak semudah yang kita bayangkan.

Apalagi jika nominal yang dibutuhkan cukup besar, akan sangat sulit bagi kita meminjam uang tanpa agunan atau jaminan yang memadai.

Tapi, kekhawatiran tersebut dapat teratasi dengan adanya produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang telah difasilitasi oleh banyak bank ternama.

Sudah banyak bank yang menyediakan produk pinjaman tanpa agunan ini. Di antaranya ada DBS, ANZ, Danamon, BCA, Mandiri, dan masih banyak lagi.

Pengajuan aplikasi KTA ini pun tak sulit, bahkan pengajuannya dapat dilakukan secara online.

Meski mudah, pengajuan pinjaman ini tetap harus memenuhi persyaratan dan prosedur tertentu sesuai dengan ketentuan bank masing-masing.

Untuk mengetahui apa saja persyaratan yang perlu Anda penuhi, simak poin-poin di bawah ini ya!

Warga Negara Indonesia (WNI)

Produk KTA ini memang tersedia bagi Warga Negara Indonesia. Jadi, persyaratan pertama yang harus dipenuhi adalah dengan memiliki identitas atau Kartu Tanda Penduduk Warga Negara Indonesia (KTP WNI) dan memiliki domisili di Indonesia.

Meski begitu, beberapa bank juga memberikan fasilitas ini kepada mereka yang berkewarganegaraan asing. Tentunya hal itu diberikan dengan segudang persyaratan dan prosedur yang harus dipenuhi.

Batasan Usia

Berikutnya ada batasan usia agar seseorang dapat mengajukan aplikasi KTA.

Hampir semua bank menetapkan batasan usia minimal pemohon adalah 21 tahun dan 55 tahun maksimal saat pelunasan.

Sebab, masa produktif setiap orang ada pada batas usia tersebut, maka pihak Bank kebanyakan menetapkan batasan tertentunya.

Penghasilan

Untuk penghasilan, biasanya bank menentukan batasan yang berbeda-beda untuk syarat pengajuan.

Tidak hanya melihat kondisi individual, namun bank biasanya juga menyesuaikan standar perekonomian suatu daerah dalam menentukan batasan penghasilan pemohon.

Sebagai contoh, wilayah Jabodetabek batas penghasilan tetap pemohon KTA harus di atas Rp 3 juta, sementara untuk wilayah luar Jabodetabek biasanya lebih kecil dari batas tersebut.

Pilihan Limit Kredit

Limit atau batasan nilai kredit yang ditawarkan setiap bank juga beragam.

Anda bisa menentukan sendiri nilai kredit yang ingin diajukan, namun tentu saja harus dengan pertimbangan yang matang sesuai kemampuan membayar setiap bulannya.

Biasanya bank mematok limit mulai Rp 5 juta hingga Rp 200 juta, dan hitungannya biasanya disesuaikan dengan penghasilan tetap yang diterima sang pemohon setiap bulannya (5-7 kali dari gaji tetap).

Untuk pilihan jangka waktu pun, bank memberikan kenyamanan untuk Anda agar bisa memilih jangka waktu pelunasan sesuai kemampuan.

Namun, hindari jangka waktu pelunasan yang terlalu lama. Selain itu, pilihlah cicilan bulanan yang juga tidak memberatkan.

Aturlah agar maksimal cicilan sebesar 40% dari total penghasilan Anda selama sebulan.

Pas untuk Pegawai

Fasilitas kredit jenis ini merupakan produk yang pas bagi Anda yang memiliki penghasilan tetap (gaji tetap) atau pegawai yang tak memiliki nilai agunan yang pas untuk pengajuan.

Jangan lupakan asuransi jiwa yang ditawarkan sebagai kenyamanan Anda dalam melakukan kredit, jika saja di masa depan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Mudah bukan?

Mengajukan KTA sistem online tidak hanya sederhana, tapi Anda juga bisa membandingkan produk kredit tanpa agunan dari berbagai bank yang menawarkan produk serupa.

Dengannya, tidak perlu lagi repot menelusuri tiap bank secara manual untuk membuat perbandingan. Lebih efektif dan efisien! (advertorial)

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas