Tribun

Seputar Kredit

Kiat Ajukan Pinjaman Uang Tanpa Kartu Kredit

Banyak cara bisa dilakukan biar dapat pinjaman uang tanpa kartu kredit. Apa saja?

Kiat Ajukan Pinjaman Uang Tanpa Kartu Kredit
ISTIMEWA

TRIBUNNEWS.COM - Beberapa waktu terakhir ini Kredit Tanpa Agunan (KTA) mengalami penaikan pamor. Tak heran, persyaratan yang cukup mudah dan cicilan yang cukup ringan pula.

Hal itu tentunya jadi penarik minat banyak orang.

Memang bunga yang diterapkan bisa dibilang lebih tinggi daripada beberapa jenis kredit lainnya. Namun, tentu hal tersebut sebanding dengan syarat-syarat yang mudah, bukan?

Salah satunya tentu saja Anda tidak perlu menjaminkan aset berharga Anda.

Hampir semua bank di Indonesia pun turut menyediakan fasilitas kredit ini.

Namun, sebagai informasi saja, pinjaman uang pertama yang memberikan fasilitas KTA adalah Bank Standard Chartered.

Apa saja keunggulan Kredit Tanpa Agunan dibandingkan jenis kredit lainnya?

Mari simak beberapa poin berikut ini.

- Persyaratan yang cukup mudah dan proses pengajuan yang tidak rumit. Anda bahkan bisa mendapatkan dana secara cepat. Ada yang sehari sampai dua minggu saja.

- Bunga memang lebih tinggi daripada jenis kredit lain tetapi cukup kompetitif. Beberapa bank menerapkan suku bunga mulai dari 0,88%.

- Rata-rata suku bunga yang diterapkan bersifat flat atau tetap dari awal. Ada pula yang berubah namun sudah ada dalam surat perjanjian.

- Tujuan pinjaman bukan hanya untuk utang produktif melainkan utang konsumtif. Semisal renovasi rumah, pendidikan, kesehatan, biaya pernikahan atau bahkan liburan.

- Plafon yang diberikan sangat lumayan, bahkan ada bank yang menyediakan pembiayaan hingga 300 juta. Jangka waktu pembayaran juga fleksibel yaitu sampai 5 tahun.

Melihat beragam kemudahan tersebut, tak dapat ditampik KTA adalah solusi pembiayaan terbaik.

Namun, mungkin ada beberapa di antara Anda yang masih menganggap bahwa prosesnya pasti sulit.

Di lain pihak masih ada simpang-siur soal salah satu persyaratan yang tak jarang jadi kendala, kartu kredit!

Info menarik: 3 Cara Anda Layak Diberi Pinjaman Bank

Ajukan Pinjaman Uang Tanpa Kartu Kredit, Bisa Tidak?

Di Indonesia, meski pegawai sekalipun penggunaan dan kepemilikan kartu kredit masih sangat minim. Jadinya, ya, tidak jarang dari kita belum memiliki kartu ‘sakti’ ini padahal memenuhi syarat.

Sebut saja para pegawai tetap, profesional atau bahkan wirausahawan yang telah memiliki banyak penghasilan.

Pada dasarnya, memang ada beberapa bank yang mensyaratkan kepemilikan kartu kredit ketika Anda ingin mengajukan KTA kepada mereka. Biasanya yang dilampirkan berupa fotokopi depan dan belakang kartu kredit.

Persayaratan seperti itu tentunya bukan tanpa alasan. Itu semua diminta karena pihak bank butuh tahu riwayat kredit Anda.

Dengan begitu, pihak bank dapat mempertimbangkan kemampuan kredit Anda dan bisa menentukan apakah layak mendapatkan pinjaman. Jika bagus, Anda akan diprioritaskan memperoleh pinjaman.

Namun, jangan berkecil hati. Meski syarat kepemilikan kartu kredit bisa jadi salah satu poin penting, Anda masih bisa mengajukan pinjaman uang tanpa syarat.

Ya, aplikasi pinjaman Anda masih berpeluang untuk disetujui. Asalkan, Anda memenuhi syarat yang ditetapkan oleh bank.

Selain status pekerja tetap, baik karyawan, profesional atau wiraswasta, beberapa kriteria yang disetujui oleh pihak bank adalah mereka yang berada di usia 21 sampai 55 tahun saat jatuh tempo.

Selain itu, pastikan juga Anda adalah WNI yang tinggal di Indonesia. Kemudian Anda tinggal melengkapi dokumen yang diminta yaitu bukti identitas diri dan bukti legalitas pekerjaan.

Kalau Anda penuhi persyaratan tersebut, aplikasi Anda akan diproses dan dipertimbangkan.

Sebagai pengingat, jika memungkinkan Anda pun dapat mengurus kepemilikan kartu kredit mulai dari sekarang. Silakan bandingkan kartu kredit terbaik via portal pembanding online terpercaya.

Artikel terbaik: 5 Pertimbangan Sebelum Ajukan Pinjaman Lebaran.

Admin: Sponsored Content
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas