Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rakernas PDIP Akan Tawarkan Perubahan UUD 1945

Acara Rakernas direncanakan akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Penulis: Amriyono Prakoso
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Rakernas PDIP Akan Tawarkan Perubahan UUD 1945
ahmad basarah.com
Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan, Ahmad Basarah 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Wasekjen DPP PDIP, Ahmad Basarah mengatakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I PDIP yang akan digelar di JIExpo Kemayoran 10-12 Januari 2016 mendatang akan membahas mengenai Pembangunan Semesta Berencana dan berujung pada menawarkan perubahan terhadap UUD 1945.

"Pembangunan semesta berencana ini sebenarnya sudah ada pada 1960 hingga 1965 kemarin. Hanya saja terhenti karena peristiwa G/30SPKI. Jadi nanti opsi ke depan, akan ada perubahan UUD 1945. Tapi kami masih kaji dulu," ujar Basarah di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (4/1/2015).

Ahmad Basarah menjelaskan sepanjang era Reformasi ada perubahab terhadap eksistensi MPR yang sebelumnya disebut sebagai lembaga tertinggi negara yang mempunyai kewenangan untuk menetapkan Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN).




Dirinya mengungkapkan bahwa pentingnya tujuan yang jelas terhadap para pemimpin baru merupakan hal yang wajib agar arah pembangunan Indonesia jelas hingga 100 tahun mendatang.

"Persepektif pembangunan Indonesia hingga 2095 itu harus dibuat dari tahun ini sehingga para pemimpin baru tidak perlu lagi mengubah pandangan pembangunan dan perencanaan panjang ini diharapkan dapat sesuai dengan roh undang-undang dasar 45," tambahnya.

Dengan tema Mewujudkan Trisakti Melalui Pembangunan Semesta Berencana, Rakernas PDIP diharapkan dapat merekonstruksi kembali cita-cita Founding Fathers Indonesia pada saat merancang pembangunan di Bumi Pertiwi.

Acara Rakernas direncanakan akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan akan memberikan pengarahan kepada kader PDIP serta akan dibuka oleh Megawati Soekarnoputri dengan memberikan orasi politik.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas