Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pakar Hukum Sebut Bukti Kubu RJ Lino Mentah

Mantan Wakil Ketua KPK Indriyanto Seno Adji menilai mentah bukti yang diklaim Pengacara RJ Lino dapat membatalkan penetapan tersangka kliennya di KPK.

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Gusti Sawabi
zoom-in Pakar Hukum Sebut Bukti Kubu RJ Lino Mentah
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Plt Pimpinan KPK Johan Budi dan Plt Pimpinan KPK Indriyanto Seno Adji saat jumpa pers barang bukti berupa mata uang dollar AS dan Rupiah hasil operasi tangkap tangan (OTT), di kantor KPK, Jakarta Selatan, Rabu (2/12/2015). Barang bukti tersebut terkait dugaan suap anggota DPRD Banten dan seorang direktur perusahaan BUMD terkait pembahasan pembentukan bank daerah Banten. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Edwin Firdaus

TRIBUNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Wakil Ketua KPK Indriyanto Seno Adji menilai mentah bukti yang diklaim Pengacara RJ Lino dapat membatalkan penetapan tersangka kliennya di KPK.

Apalagi cuma menyoalkan perhitungan kerugian negara dalam praperadilan nanti.

Sebab, hasil perhitungan kerugian negara dari pihak berwenang baru dipakai saat penyidikan KPK untuk kepentingan penuntutan di Pengadilan. Sementara dalam penetapan tersangka syaratnya dua alat bukti.

"(Kerugian negara) tidak imperatif sifatnya. Karena yang dinamakan tindak pidana adalah persoalan minimum dua alat bukti terhadap dugaan perbuatan (actus reus) sebagai delik inti yang strafbaar (yang dapat dipidana)," kata Pakar Hukum Pidana itu dimintai pendapatnya melalui pesan singkatnya, Selasa (5/1/2015).

Guru Besar Hukum Universitas Indonesia itupun meyakini, KPK tak gegabah dalam menetapkan tersangka. Termasuk dalam menjerat RJ Lino.

Pengacara RJ Lino, Maqdir Ismail mempertanyakan dasar KPK menetapkan kliennya menjadi tersangka pengadaan QCC di Pelindo II tahun anggaran 2010. Menurut Maqdir bagaimana bisa dikatakan korupsi, bila kerugian negara saja KPK belum memiliki datanya.

BERITA TERKAIT

"Seharusnya kalau menetapkan tersangka sudah ada perhitungan kerugian negara oleh BPK dan BPKP," kata Maqdir. Alasan itu kemudian membuat kubu RJ Lino mengajukan gugatan praperadilan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas