Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi Dinilai Bisa Memenangkan Pertarungan

Tapi pada ronde ke-2 pertarungan berjalan imbang.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Jokowi Dinilai Bisa Memenangkan Pertarungan
Ist
Dialog publik bertajuk Jokowi vs JK, dalam Isu Reshuffle Kabinet Jilid II yang digelar Institute Soekarno-Hatta di resto Warung Komando, Jakarta, Jumat (8/1/2015) siang. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  -  Susunan kabinet produk reshuffle sesi 2 yang konon akan segera diumumkan dalam waktu dekat ini, akan mencerminkan hasil pertarungan politik Jokowi vs Jusuf Kalla (JK). Kemungkinannya Jokowi akan memenangi pertarungan ini dengan TKO.

Demikian kata Adhie M Massardi dalam dialog publik bertajuk "Jokowi vs JK, dalam Isu Reshuffle Kabinet Jilid II" yang digelar Institute Soekarno-Hatta di resto Warung Komando, Jakarta, Jumat (8/1/2015) siang.

"Memang kalau diibaratkan tinju, pertarungan Jokowi vs JK di kabinet sudah memasuki ronde ke-3. Pada ronde pertama, Jokowi kalah lumayan telak. Karena praktis hanya menempatkan dua menteri, Praktikno ((Setneg) dan Andrinov Chaniago (Bapenas). Selebihnya, merupakan pilihan JK. Karena seleksi akhir dari para kandidat menteri yang dikirimkan partai-partai pendukung oleh Jokowi diserahkan kepada JK untuk dipilih. Maklum, ketika itu Jokowi belum mengenal mereka."

"Tapi pada ronde ke-2 pertarungan berjalan imbang. Meskipun Menko Ekonomi diisi orang JK (Darmin Nasution), Jokowi bisa mengimbanginya dengan memasang Rizal Ramli sebagai Menko Maritim & Sumber Daya. Sedangkan pencopotan Andrinov yg diganti Sofyan Djalil (JK) tapi di Seskab Jokowi memasang Pramono Anung," tutur Adhie.

Pada ronde ke-3, lewat tangan kanan (Sudirman Said) dan tangan kiri (Yuddy Chrisnandi) JK memang berhasil melancarkan jab-jab telak yang mengguncang pertahanan Jokowi. Sudirman Said dengan manuver berbahaya melakukan perpanjangan kontrak karya Freeport, kontrak blok gas Masela dan pungutan liar BBM. Tapi untung Jokowi berhasil menggagalkan jab-jab Sudirman Said"

"Sedangkan jab dari Yuddy, evaluasi konyol anggota kabinet yang disasarkan hanya kepada menteri-menteri dari Partai Nasdem dan PKB, menguncang kekokohan KIH, koalisi pendukung Jokowi. Saya percaya, teman-teman di Nasdem dan PKB tak akan goyah karena paham ini seperti yang dilakukan Sudirman Said, hanya manuver politik distabilitas (keguncangan politik) yang bisa membawa Jokowi ke medan pemakzulan di Senayan."

Lebih lanjut, koordinator Gaerakan Indonesia Bersih (GIB.) ini memprediksi pada ronde ke-4 Jokowi pada akhirnya akan memenangi pertarungan dengan TKO. Alasan Adhie, pertahan politik JK mulai goyah karena rapuh.

BERITA TERKAIT

"lihat saja, RJ Lino yang didukungnya hingga membuat Komjen Budi Waseso mental darinjabatannya sebagai Kabareskrim, akhirnya bisa di-TSK-kan oleh DPR dan KPK. Sebentar lagi mungkin Mabes Polri dan Kejaksaan. Freeport juga urung diperpanjang. Pungutan liar BBM yang berpotensi melawan UU berhasil dinetralisir Jokowi."

"Makanya, dengan fakta-fakta politik ini, saya percaya kabinet Jokowi session 2 bakal mencerminkan 'kabinet 100 persen presiden' sehingga bisa menjalankan roda pemerintahan yang berpihak kepada rakyat dan menjauh dari praktek-praktek KKN seperti selama ini," pungkas Adhie.

Dalam diskusi yang dipandu Hatta Takiwang ini hadir juga anggota DPR Masinton Pasaribu (PDIP), Khotibul Umam Wiranu (Demokrat), Wakil Ketua Umum Gerindra Arief Puyono, aktivis Petisi 28 Haris Rusly Moti serta Syahganda Nainggolan dan loyalis JK Johan Silalahi.

Penulis: Yulis Sulistyawan

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas