Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pernyataan Kemenhub Tentang Seragam yang Dipersoalkan Kadispen TNI AU

Sejak mencuat pemberitaan tersebut, kami sudah berkomunikasi langsung dengan Kadispen TNI AU

Penulis: Johnson Simanjuntak
zoom-in Pernyataan Kemenhub Tentang Seragam yang Dipersoalkan Kadispen TNI AU
Twitter ?@chappyhakim
Seragam para pejabat Kementerian Perhubungan RI yang mirip seragam petinggi militer. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pada Selasa 5 Januari 2015, secara luas diberitakan melalui berbagai media siaran pers yang bersumber dari Kepala Dinas Penerangan TNI AU, bahwa Kepala Staf TNI AU mempersoalkan seragam Kementerian Perhubungan dan akan mengirimkan surat kepada Menteri Perhubungan terkait hal tersebut.

Sejak mencuat pemberitaan tersebut, kami sudah berkomunikasi langsung dengan Kadispen TNI AU Marsekal Pertama Dwi Badarmanto untuk mendapatkan informasi dari tangan pertama duduk persoalannya.

Dalam komunikasi tersebut Kadispen mengakui ada kesalahan dalam pemberitaan, dan akan melakukan klarifikasi.

Dalam pandangan kami, Kadispen TNI AU belum melakukan klarifikasi secara memadai sehingga isu terkait hal tersebut meluas dan melebar.

Berkenaan dengan hal tersebut, kami menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Hingga hari ini, Sabtu 9 Januari 2015 Menteri Perhubungan belum menerima surat apa pun dari TNI AU terkait seragam Kemenhub.

Oleh karena itu kami tidak tahu apa yang dipersoalkan  TNI AU dan apa maksud dan tujuan mempersoalkan seragam Kementerian Perhubungan;

BERITA REKOMENDASI

2. Pada prinsipnya Menteri Perhubungan dan institusi Kementerian Perhubungan terbuka untuk berkomunikasi dan berdiskusi dengan institusi mana pun terkait dengan persoalan apa pun yang menjadi kepedulian institusi tersebut.

Komunikasi dan diskusi secara langsung akan lebih baik dan bermanfaat dibandingkan dengan melontarkan pernyataan secara sepihak melalui media massa;

3. Seragam Kementerian Perhubungan tidak sama dengan seragam TNI baik dari segi warna maupun atribut, dan tidak ada simbol TNI dalam bentuk apa pun;

2. Seragam Perhubungan tidak menyalahi aturan ataupun UU mana pun. 

3. Kami mengimbau Kadispen TNI AU untuk melakukan klarifikasi secara terbuka terkait hal tersebut, sehingga tidak timbul syak wasangka bahwa ada oknum TNI AU telah dimanfaatkan pihak tertentu untuk kepentingan jangka pendek tertentu.

Jakarta, 9 Januari 2015

Hadi M Djuraid
Staf Khusus Menteri Perhubungan

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas