Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kaum Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender Indonesia Khawatir

"Tingkat kewaspadaan mereka sampai seperti itu dan kami mengimbau kepada mereka jika terjadi intimidasi untuk segera melapor ke LBH setempat."

Penulis: Amriyono Prakoso
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Kaum Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender Indonesia Khawatir
TRIBUNNEWS/
Komunitas Lesbian Gay Bisexual Transgender dan Intersexual (LGBTI) Indonesia melakukan aksi di area Car Free Day, Jakarta, Minggu (17/5/2015). Aksi tersebut dalam memperingati International Day Against Homophobia, Biphobia, dan Transphobia (IDAHOT) dengan tujuan menyerukan kepada masyarakat Indonesia untuk stop kekerasan kepada kelompok LGBTI. (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Koordinator Divisi Advokasi Jaringan Gaya Warna Lentera Indonesia (GWL-INA) Selamet Raharjo mengatakan bahwa kondisi kelompok Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) saat ini sedang dalam keadaan tertekan akibat pernyataan Menristek M. Nasir dan Mendikbud Anies Baswedan.

"Kondisi teman-teman LGBT saat ini sedang dalam keadaan khawatir dan tetap waspada atas pernyataan dua menteri itu. Jadi mereka tidak melaksanakan kegiatan LGBT dulu sekarang," ungka Selamet di Kantor LBH Jakarta, Rabu (27/1/2016).

Kewaspadaan kelompok LGBT bahkan hingga tidak dapat melakukan komunikasi terhadap orang-orang yang baru saja dikenal baik di lingkungan kantor ataupun lingkungan tempat tinggal.




Bahkan dirinya mendapatkan laporan saat ini, sedang ada pendataan bagi kaum LGBT di lingkungan tempat tinggal mereka oleh oknum-oknum yang tidak jelas instansinya.

"Tingkat kewaspadaan mereka sampai seperti itu dan kami mengimbau kepada mereka jika terjadi intimidasi untuk segera melapor ke LBH setempat," tambahnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas