Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tersangka Bujuk Warga Kampung yang Miskin untuk Jual Ginjal

Kala itu, AG dan DD menjual ginjalnya seharga Rp 90 juta.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Tersangka Bujuk Warga Kampung yang Miskin untuk Jual Ginjal
Tribunnews.com/Theresia Felisiani
Osner Johnson Sianipar?, kuasa hukum tiga tersangka kasus dugaan Tindak Pidana Perdagangan Organ Tubuh, berupa ginjal. 

‎TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Beberapa kampung di wilayah Jawa Barat kini menjadi sorotan karena sejumlah warganya yang menjual ginjal demi motif ekonomi.

Dua tersangka sindikat penjualan ginjal yang kini ditahan Bareskrim yakni AG dan DD mengisahkan awal mula mereka menjadi korban hingga terlibat menjadi sindikat.

Menurut penuturan dari Osner Johnson Sianipar‎, kuasa hukum keduanya, awalnya mereka nekat menjual ginjalnya pada tersangka HR karena terdesak kebutuhan ekonomi dan tidak memiliki pekerjaan.

Kala itu, AG dan DD menjual ginjalnya seharga Rp 90 juta.

Lalu karena tergiur dengan persenan dari HR, akhirnya AG dan DD menjadi tangan kanan HR yang bertugas menjadi perantara dan merekrut korban-korban.

"Awalnya AG dan DD ini korban, tapi lama-lama malah gabung dengan HR mencarikan orang untuk mendonorkan ginjal. Yah mereka tertarik dengan keuntungannya. Selama ini keuntungannya untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka," kata Osner, Jumat (29/1/2016).

Ditanya soal bagaimana ‎cara AG dan DD mencari korban, diungkapkan Osner mereka mencari korban ke pelosok-pelosok kampung di wilayah Jawa Barat seperti Soreang, Majalengka, dan lainnya. Bahkan di kampung keduanya pun, ada beberapa warga yang sudah menjual ginjal mereka pada HR melalui AG dan DD.

BERITA REKOMENDASI

"‎Jadi AG dan DD ini datang ke Kampung-kampung mereka cerita dari mulut ke mulut meyakinkan warga untuk menjual ginjal mereka. Hidup dengan satu ginjal tidak masalah, buktinya AG dan DD yang jual ginjal juga sehat-sehat saja. Tapi memang hanya pas kerja berat sedikit kelelahan tapi tidak sampai ambruk," tuturnya.

Osner menambahkan AG dan DD mencari warga di kampung yang memang miskin dan hidup susah sehingga mereka gampang terbujuk rayu karena iming-iming ginjal mereka akan dibayar hingga puluhan juta.

‎"Ini sudah seperti bisnis marketing, awalnya HR menawarkan ke AG, AG mau lalu melebar dan merembet ke DD," tegasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas