Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

IPW: Kapolres Harus Tolak Sumbang Piala Bhayangkara

Sebab bukan rahasia umum jika Polri punya even, para pejabat di jajaran menengah selalu direpotkan

Penulis: Hendra Gunawan
zoom-in IPW: Kapolres Harus Tolak Sumbang Piala Bhayangkara
www.swatt-online.com
Neta S Pane 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Para kapolres, kapolda, dan pejabat di jajaran menengah Polri lainnya diimbau jangan mau memberikan sumbangan, jika diminta membantu biaya penyelenggaraan Piala Bhayangkara.

Sebab bukan rahasia umum jika Polri punya even, para pejabat di jajaran menengah selalu direpotkan, diminta berpartisipasi dan diminta menyumbang dana yang tidak sedikit.

Indonesia Police Watch (IPW) siap menerima pengaduan dari jajaran menengah Polri yang menjadi korban permintaan sumbangan dengan alasan untuk Piala Bhayangkara, untuk kemudian membukanya ke publik.

IPW juga akan melakukan investigasi soal asal usul pendanaan Piala Bhayangkara.

"Sebab selama ini Polri selalu mengeluh kekurangan dana tapi kok bisa-bisanya menghambur-hamburkan dana untuk sebuah even yang tidak jelas dan tidak ada kaitannya dengan tugas-tugas profesional kepolisian," kata Neta S Pane
Ketua Presidium Ind Police Watch dalam keterangan tertulisnya, Rabu (4/2/2016).

Beberapa waktu lalu, IPW pernah mendapat keluhan dari sejumlah anggota Polri. Saat itu Polri hendak mendatangkan Ratu Dunia ke dalam acara ibu-ibu Bhayangkari di Jawa Barat dan para pejabat di jajaran menengah kepolisian diminta menyumbang hingga ratusan juta rupiah, setelah diprotes banyak pihak akhirnya acara itu dibatalkan Mabes Polri.

"Dari kasus ini elit-elit Polri harusnya bisa introspeksi, sehingga tidak neko-neko untuk melakukan kegiatan di luar tugasnya sebagai institusi keamanan," tegasnya.

BERITA TERKAIT

Para elit Polri jangan mau dikadali oleh orang-orang yang tidak jelas. Sebab Polri punya diskresi dan punya
power hukum yang sangat rawan disalahgunakan atau dimanfaatkan pihak-pihak tertentu untuk mengeruk keuntungan pribadi.

Artinya, dengan adanya even atas nama Polri bukan mustahil pihak-pihak tertentu memanfaatkannya untuk mengeruk keuntungan pribadi. Padahal even itu tidak jelas manfaatnya dan sangat jauh dari tugas-tugas Polri sebagai
institusi keamanan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas