Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Prof Muzakkir: Kejagung Telah Melenceng, Tidak Ada Permufakatan Jahat

dugaan permufakatan jahat yang terus dikumandangkan Jaksa Agung, sudah seharusnya tidak diteruskan

Penulis: Johnson Simanjuntak
zoom-in Prof Muzakkir: Kejagung Telah Melenceng, Tidak Ada Permufakatan Jahat
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Fraksi Partai Golkar DPR Setya Novanto menjawab pertanyaan wartawan usai memberikan keterangan kepada Jampidsus di Gedung Bundar Kejaksaan Agung, Jakarta, Kamis (4/2/2016). Setya Novanto dimintai keterangannya oleh Jampidsus terkait dugaan pemufakatan jahat dalam reksman pencatutan nama Presiden. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tuduhan adanya permufakatan jahat dalam kaitan kasus yang dikenal dengan sebutan “Papa Minta Saham” sesungguhnya tidak berdasar dan tidak benar.

Sebab dalam pertemuan tiga tokoh yaitu Setya Novanto, Maroef Sjamsoeddin, dan pengusaha Riza Chalid, tidak ada kesepakatan (deal) yang terjadi.

"Sewaktu masalah itu ramai diperbincangkan saja, unsur permufakatan jahatnya tidak ada karena tidak ada deal, apalagi sekarang, mereka sudah tidak menjabat lagi, tidak mungkin lagi melakukan permufakatan jahat. Jika kasus ini diteruskan, Kejagung telah melenceng dari penegakan hukum," ujar ahli hukum pidana Prof Dr. Muzakkir, ketika dimintai tanggapannya, Jumat (12/2/2016).




Guru besar Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Makassar ini lebih lanjut mempertanyakan mengapa Kejagung ngotot melanjutkan penyelidikan kasus yang sebenarnya tidak memenuhi unsur pidana itu.

"Kenapa dan ada apa ini Jaksa Agung begitu bersemangat? Langkah meneruskan kasus yang usang ini menimbulkan pertanyaan publik. Sementara kasus yang sudah lengkap dan siang disidangkan atau P-21 (kasus Abraham Samad, Bambang Widjojanto) dan Novel Baswedan malah mau dihentikan," katanya.

Dijelaskan Muzakkir, dugaan permufakatan jahat yang terus dikumandangkan Jaksa Agung, sudah seharusnya tidak diteruskan, karena Setya Novanto sudah tidak menjabat Ketua DPR.

Begitu juga Maroef Sjamsoeddin sudah mundur dari posisinya sebagai Presiden Direktur PT Freeport.

BERITA TERKAIT

"Permufakatan jahat apa yang bisa mereka lakukan?" katanya.

Hanya Cari Panggung

Ketika ditanya mengapa begitu ngototnya Jaksa Agung, Prof Muzakkir menilai, bisa saja Jaksa Agung sedang mencari panggung dengan terus meminta keterangan Novanto. 

Menurut Muzakkir, langkah Kejagung meneruskan kasus ini keliru dan melenceng dari kaidah penegakkan hukum.

"Sekali melenceng dalam proses penegakkan hukum, maka sesungguhnya Jaksa Agung tidak boleh lagi menjadi penegak hukum. Dia harus berhenti," ujarnya.

Jadi, dalam reshuffle nanti Jaksa agung HM Prasetyo harus diganti? Muzakkir mengiyakan.

"Presiden Jokowi harus mencari sosok Jaksa Agung yang kredibel, punya kemampuan,  dan independen, tidak berpihak pada kepentingan partai tertentu," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas