Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Irjen Tito Punya Pengalaman dan Prestasi Berantas Teroris

Segudang pengalaman dan keberhasilan telah ditorehkan mantan Kadensus 88 itu dalam pemberantasn teroris

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Irjen Tito Punya Pengalaman dan Prestasi Berantas Teroris
Glery Lazuardi/Tribunnews.com
Tito Karnavian 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kepala Polri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti merotasi Irjen Tito Karnavian menjabat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Rotasi yang tertuang dalam telegram rahasia Nomor ST/1604/III/2016, menyebutkan Komjen Saud Usman Nasution yang sebelumnya menjabat Kepala BNPT dimutasi menjadi perwira tinggi Bareskrim (nonjob) dalam rangka pensiun.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menyambut positif rotasi dan jabatan baru Kapolda Metro Jaya sebagai kepala BNPT.

Apalagi segudang pengalaman dan keberhasilan telah ditorehkan mantan Kadensus 88 itu dalam pemberantasn teroris di tanah air.

"Irjen Tito punya prestasi baik layak dapat promosi," ujar Mardani kepada Tribun, Senin (14/3/2016).

Kata dia, BNPT perlu energi dan kecerdasan tinggi. Kehadiran Irjen Tito diharapkan dapat mengemban tugas yang seperti mencari jarum ditumpukan jerami. Sehingga dibutuhkan orang yang tepat agar jangan salah arah.

BERITA TERKAIT

Dia pun menyarankan agar Irjen Tito perlu melakukan pendekatan keras dan lembut memimpin BNPT memberantasa terorisme di tanah air.

"Bagi pihak yang sudah konfirmed bukan cuma berafiliasi tapi melaksanakan aksi teror perlu tegas. Bagi komponen lain perlu dilembutkan," pesannya.

Seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (14/3/2016) diberitakan jabatan Kepala BNPT diserahkan kepada Irjen Tito Karnavian. Sebelumnya, Tito menjabat Kepala Polda Metro Jaya.

Jabatan Tito diisi oleh Irjen Moechgiarto yang sebelumnya menjabat Kepala Polda Jawa Barat.

Jabatan Moechgiarto yang lama diisi Irjen Jodie Rooseto yang sebelumnya menjabat Sekretaris Pimpinan Polri di Lembaga Pendidikan Kepolisian.

Ada pula posisi Kepala Polda Riau diisi oleh pejabat baru, yakni Brigjen (Pol) Suspriyanto.

Kepala Polri Badrodin mengatakan, rotasi tersebut telah dirancang sejak lama. Namun, dirinya baru menandatanganinya baru-baru ini.

"Sejak Februari itu dirancang, tapi baru saya tanda tangani sekarang," ujar Badrodin ketika dihubungi Kompas.com, Senin (14/3/2016) malam.

Untuk jabatan di lingkungan Mabes Polri dan Kepala Polda akan dilantik oleh dirinya sendiri. Sementara untuk jabatan Kepala BNPT akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo.

"Belum tahu dilantiknya kapan. Nanti lihat saja," ujar Badrodin.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas