Tribun

Konflik PKS

Presiden PKS Beberkan Dosa-dosa Fahri Hamzah Hingga Dipecat

Tidak hanya kepada Fahri, briefing juga dilakukan kepada Jajuli Juwaini, ketua fraksi PKS di DPR RI.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Johnson Simanjuntak
Presiden PKS Beberkan Dosa-dosa Fahri Hamzah Hingga Dipecat
Photo/MG/SEPTYONAKA TRIWAHYUDI
Mohamad Sohibul Iman 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membeberkan kronologis pemecatan terhadap kadernya Fahri Hamzah‎.

Menurutnya tindakan tegas yang dikeluarkan partai terhadap Fahri, berawal dari penyelarasan kader dengan visi dan arah partai.

Tidak hanya kepada Fahri, briefing juga dilakukan kepada Jajuli Juwaini, ketua fraksi PKS di DPR RI.

"Keberadaan kader-kader PKS di DPR RI memiliki peran sentral sebagai anggota/kader PKS di ranah publik. Oleh karena itu pimpinan PKS memberikan perhatian khusus kepada Fraksi PKS, sehingga dalam bulan pertama masa tugasnya Pimpinan PKS melakukan briefing kepada Ketua Fraksi PKS (Jazuli Juwaini) dan Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi PKS (Fahri Hamzah, selanjutnya FH)," ujar Presiden PKS Sohibul Iman, Senin (4/4/2016).

Briefing yang dilakukan di Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS itu dihadiri oleh Ketua Majelis Syuro (KMS) Salim segaf Al-Jufri, Wakil Ketua Majelis Syuro (WKMS) Hidayat Nur Wahid, dan Presiden PKS Sohibul Iman.‎

Dalam briefing yang dilakukan pada 1 September 2015 silam tersebut Fahri menerima arahan sekaligus nasehat partai.

"KMS (Ketua Majelis Syuro) meminta agar FH (Fahri Hamzah) menyesuaikan diri dengan arah kebijakan tersebut, dan senantiasa melakukan syuro serta mengindahkan arahan Partai, terutama dalam menyampaikan pendapat ke publik sehingga tidak menimbulkan kontroversi dan citra negatif bagi Partai."

Nasehat diberikan kepada Fahri lantaran beberapa sikap pernyataannya dianggap bertolak belakang dengan partai.

Diantaranya mengatasnamakan DPR RI sepakat membubarkan KPK dan bersedia pasang badan terhadap tujuh proyek DPR RI.

"Selain itu ‎menyebut ‘rada-rada bloon’ untuk para anggota DPR RI. Pernyataan ini diadukan oleh sebagian anggota DPR RI ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) dan dikemudian hari FH diputus oleh MKD melakukan pelanggaran kode etik ringan," katanya.

Hanya saja setelah briefing tersebut, Fahri tidak merubah sikap dan peryataannya, sehingga PKS kemudian melakukan sejumlah langkah prosedural sejak akhir tahun lalu yang berujung pada pemecatan Fahri Hamzah pada awal April 2016.

Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas