Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

PT Bangun Satya Wacana Fokus Penyediaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) kini semakin digalakkan pemerintah untuk mengurangi tingkat kebocoran soal

PT Bangun Satya Wacana Fokus Penyediaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)
NET
Ilustrasi

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) kini semakin digalakkan pemerintah untuk mengurangi tingkat kebocoran soal yang kerap muncul tiap tahun.

Diterapkannya teknologi pada penyelenggaraan UN dianggap memberikan dampak positif terkait isu bocornya soal yang akan di uji. Hal positif kemudian menjadi prestasi pelaksanaan UNBK sejak 2014 lalu.

Untuk mendukung UNBK tersebut, PT Bangun Satya Wacana, yang merupakan anak perusahaan Kelompok Kompas Gramedia, fokus pada penyediaan kurikulum (TIK) untuk seluruh sekolah di Indonesia.

Perusahaan yang concern dengan pendidikan tersebut, menggelar Sharing Ujian Nasional Berbasis Komputer di Ballroom Ruby, Gedung Kompas Gramedia, Palmerah, Jakarta Barat, Selasa.(19/4/2016).

Dalam acadra tersebut, BSW turut mengundang para Ketua Yayasan serta Kepala Sekolah yang hendak menerapkan UNBK pada masing-masing sekolah.

Sebelumnya, penerapan sistem UNBK tersebut diterapkan pada dua sekolah pada tahun 2014, yakni SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL).

Hasilnya, cukup memuaskan dan akhirnya menjadi acuan untuk meningkatkan literasi siswa terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Berdasarkan provinsi, Yogyakarta merupakan provinsi dengan tingkat partisipasi UNBK terbesar, provinsi Papua dan Kalimantan Utara (Kaltara) juga menempati posisi tinggi untk tingkat partisipasi. Papua sebanyak 10% dan Kaltara 20%.

Selain itu, Surabaya pun kini turut menerapkan UNBK untuk seluruh sekolah.

Ujian Nasional (UN) dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan peserta didik, sebagai hasil dari proses pembelajaran sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL).
Namun kini pelaksanaannya dicanangkan menggunakan sistem UNBK secara menyeluruh.

Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas