Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hari Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 Akan Digelar di Bandung

Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia, akan menggelar agenda tahunan besar MPR yakni Peringatan Pidato Bung Karno

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Hari Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 Akan Digelar di Bandung
COLLECTIE TROPENMUSEUM/Wikipedia
Presiden Soekarno (kiri) dan Menteri Luar Negeri Agus Salim saat dalam tahanan Belanda pada 1949. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia, akan menggelar agenda tahunan besar MPR yakni Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 pada tanggal 1 Juni 2016.

Peringatan Pidato Bung Karno sangat penting bagi rakyat Indonesia sebab di sanalah embrio Pancasila mulai berada dan diperkenalkan. Hari itu juga dikenal sebagai Hari Lahir Pancasila yang merupakan dasar negara dan ideologi negara Indonesia.

Tempat penyelenggaraan Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 memang didesain penuh dengan nuansa dan suasana sejarah terutama sejarah Bung Karno dan Pancasila. Sebelumnya Peringatan Pidato Bung Karno digelar di Ende, Flores Nusa Tenggara Timur kemudian di Blitar, Jawa Timur.

Kali ini Peringatan Pidato Bung Karno akan dipusatkan di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Jawa Barat, dengan tagline:

PERINGATAN PIDATO BUNG KARNO 1 JUNI 1945 BERSAMA PRESIDEN RI
“Pancasila Ideologi Bangsaku, Gotong Royong Semangat Negeriku”
Bandung, 1 Juni 2016
Sebelumnya, tim panitia dari Sekretariat Jenderal MPR RI sudah melakukan audiensi dengan Walikota Bandung Ridwan Kamil, pertengahan Mei 2016 untuk menyampaikan rencana MPR menggelar perhelatan besar bangsa Peringatan Pidato Bung Karno 1945 di Gedung Merdeka Bandung. Ridwan Kamil dalam kesempatan tersebut mendukung penuh agenda besar MPR RI tersebut.

Acara ini sangat istimewa sebab, selain dihadiri oleh Presiden RI yang berkenan menyampaikan pidato Presiden, akan hadir pula tokoh nasional dan tokoh masyarakat antara lain, mantan Presiden/mantan Wapres, Pimpinan MPR, DPR dan DPD, Ketua Fraksi/ Kelompok anggota DPD di MPR, Pimpinan Badan-Badan dan Lembaga di MPR, Ketua Lembaga Negara ( MA, BPK, MK, KY ), Perwakilan keluarga Bung Karno, Menteri/Perangkat Presiden, Kapolri, Panglima TNI, Forkopimda Pemprov Jawa Barat, Walikota Bandung, Walikota dan Bupati di wilayah Pemprov Jawa Barat, Partai Politik, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan, dan Organisasi Keagamaan, Mahasiswa dan Pelajar.

Dalam rapat pemantapan Tim Panitia Sekretariat Jenderal MPR RI yang dipimpin Sekretaris Jenderal MPR RI Maruf Cahyono, seluruh tim panitia dan pelaksana teknis di lapangan siap mendukung dan mensukseskan agenda besar MPR RI ini.

BERITA REKOMENDASI

"Ini adalah hajatan atau agenda besar MPR RI. Acara ini nanti tidak hanya dilihat dan disaksikan oleh seluruh rakyat Indonesia melalui media-media nasional, tapi juga disaksikan dan dipantau oleh warga dunia melalui media asing. Kami MPR akan berusaha keras agar acara ini berhasil dan sukses demi bangsa dan negara," tegasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas