Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menkumham Tegaskan DPR Tak Bisa Judicial Review UU Pilkada di MK

Hal itu berbeda dengan DPRD bila ingin mengajukan judicial review karena ingim disamakan dengan DPR.

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Menkumham Tegaskan DPR Tak Bisa Judicial Review UU Pilkada di MK
TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN
Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly menegaskan DPR tidak dapat mengajukan Judicial Review (JR) UU Pilkada ke Mahkamah Konstitusi (MK). Sebab, DPR bersama pemerintah merupakan pihak yang ikut membahas undang-undang.

"Justru DPR nanti memberikan pendapat dalam Judicial Review, pemerintah juga berpendapat dalam Judicial Review.Mungkin saja DPRD, partai politik, siapa saja yang hak konstitusionalnya merasa dilanggar," kata Yasonna di Gedung DPR, Jakarta, Senin (6/6/2016).

Yasonna kembali menegaskan bahwa DPR tak dapat mengajukan judicial review. Hal itu berbeda dengan DPRD bila ingin mengajukan judicial review karena ingim disamakan dengan DPR.

"Kalau KPU dalam penentuan peraturan KPU juga mau judicial review silakan saja, tapi setahun lalu juga begitu, peraturan KPU dikonsultasikan, dibahas tidak melangkah independensi, tapi juga KPU yang menentukan," tutur Yasonna.

Namun, Yasonna mengatakan saat dirinya menjadi anggota Komisi II DPR pada periode lalu, peraturan KUP dibahas secara terbuka. Komisi II dapat memberikan pandangan kepada KPU.

"Dulu membahas peraturan KPU itu terbuka aja, barangkali KPU setelah kita kasih pandangan jalan aja juga mengenai kepala desa jangan mundur kita bilang, tapi dulu mundur juga," katanya.

BERITA TERKAIT

Yasonna membantah adanya intervensi dalam membuat peraturan KPU. Tetapi, peraturan KPU harus sejalan dengan UU Pilkada.

"Kewenangan dari KPU nggak diintervensi.Tapi kalau mau ya silakan saja, itu hak konstitusional orang-orang untuk melakukan itu," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas