Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tujuh Jenderal Polisi Akan Bersaing dengan Komjen Budi Gunawan

Ada sekitar delapan sampai sembilan nama calon kandidat kapolri yang diajukan oleh Wanjakti Polri ke Presiden melalui Kompolnas.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Tujuh Jenderal Polisi Akan Bersaing dengan Komjen Budi Gunawan
TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN
Wakapolri, Komjen. Pol. Budi Gunawan dalam acara silaturahmi Polri bersama keluarga korban teror Thamrin di Mabes Polri, Jl. Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (22/1/2016). TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ada sekitar delapan sampai sembilan nama calon kandidat kapolri yang diajukan oleh Wanjakti Polri ke Presiden melalui Kompolnas.

Dari seretan nama itu, Wakapolri Komjen Budi Gunawan dinilai masil layak untuk memimpin Intitusi Polri menggantikan posisi Kapolri, Jenderal Polisi Badrodin Haiti yang akan segera pensiun.

Tito Hananta Kusuma, pengamat hukum mengatakan Komjen Budi Gunawan adalah perwira yang sangat senior dan patut diberi kesempatan untuk menjadi Kapolri.

"Nama beliau (Komjen Budi Gunawan) kan direkomendasikan oleh Kompolnas. Beliau senior dan banyak pengalaman jadi perlu diberi kesempatan untuk memimpin Polri," ujar Tito, Selasa (7/6/).

Terlebih, hal lain yang patut diperhitungkan yakni Komjen Budi Gunawan pernah juga lolos proper test di Komisi III DPR pada beberapa waktu silam.

Mantan Komisioner Kompolnas, Muhammad Nasser mengatakan saat ini ada sekitar delapan hingga sembilan nama jenderal di Intitusi Polri yang layak menjadi kandidat calon kapolri.

Kini proses penjaringan sedang berlangsung dan nama-nama itu sudah ada di tangan Presiden Jokowi untuk selanjutnya dipilih siapa yang layak menjadi Kapolri.

BERITA TERKAIT

"Semua nama yang diajukan Wanjakti pastinya berkompeten. Ada sekitar delapan atau sembilan nama," Nasser memastikan.

Modal utama menjadi Kapolri ialah mereka-mereka yang sudah berpangkat Komjen atau bintang tiga.

Menurutnya nama-nama kandidat calon Kapolri seluruhnya patut dijagokan dan itu semua terserah pada Presiden akan menjatuhkan pilihan pada siapa.

"Presiden punya hak untuk menentukan.Kita semua berharap terpilih Kapolri yang mampu menyempurnakan reformasi Polri," tambahnya. (Tribun/Nic/Ther)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas