Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

'Fit and Proper Test' Tito Karnavian Diprediksi Berjalan Mulus

Jari 98 menyebut langkah Komjen Pol Tito Karnavian menjadi Kapolri diprediksi akan berjalan mulus.

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Sanusi
zoom-in 'Fit and Proper Test' Tito Karnavian Diprediksi Berjalan Mulus
KOMPAS IMAGES
Tito Karnavian 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jaringan Aktivis Reformasi Indonesia (Jari 98) menyebut langkah Komjen Pol Tito Karnavian menjadi Kapolri diprediksi akan berjalan mulus.

Fit and proper test yang akan digelar Komisi III DPR, Rabu (22/6/2016) itu sepertinya akan menghantarkan Kepala BNPT itu akan berdampingan dengan Wakapolri Komjen Budi Gunawan (BG).

"Duet Tito-BG ini akan menjadi duet hangat dan maut setelah Badrodin-BG sukses mendapatkan apresiasi publik," kata Ketua Dewan Presidium Jari 98, Willy Prakarsa melalui pesan singkatnya, Senin (20/6/2016).

Lebih lanjut, Willy memprediksi di korps Bhayangkara akan tetap solid dan tidak akan ada matahari kembar di tubuh Polri.

Namun, kata dia, alangkah baiknya Presiden Jokowi dapat menggunakan hak prerogratifnya untuk menjadikan kedua insan Bhayangkara itu yakni Badrodin dan BG untuk kembali mengabdi kepada bangsa dan negara.

"Saya yakin senior akan cukup legowo menerima kenyataan ini. Pak BG akan setia memback-up Tito, seperti BG mendampingi Badrodin yang nampak cool tanpa gejolak apapun. Maka itu, sangat lazim jika keduanya bisa diminta untuk memperkuat Kabinet Kerja Jokowi," ujarnya.

Jika hal itu dipenuhi, kata Willy, Badrodin bisa dipromosikan untuk menempati posisi Menko dan BG di posisi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

BERITA TERKAIT

Ia pun optimis kinerja pemerintahan Jokowi-JK dijamin sukses menjalankan program Nawacita seperti yang diharapkan oleh cita-cita Proklamasi Kemerdekaan RI 1945.

"Badrodin Menko dan BG jadi Kepala BIN. Semua pihak pasti banyak yang mendukungnya. Reformasi di internal Polri layak dilakukan, terutama restrukturisasi agar Polri jauh lebih efektif dan dinamis jalankan roda penegak hukum. Optimalisasikan yang memiliki kompetensi sesuai dibidangnya masing-masing dibawah kepemimpinan Tito Karnavian," tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas