Tribun

Mudik Lebaran 2016

Menteri Jonan Beri 187 Angkutan Motor Gratis dengan Kereta

ni angkutan motor gratis tadi, kalau yang ini 187 motor. Tapi program pemerintah secara keseluruhan kuota tahun ini 27 ribu motor

Penulis: Yurike Budiman
Editor: Hendra Gunawan
Menteri Jonan Beri 187 Angkutan Motor Gratis dengan Kereta
Tribunnews.com/Yurike Budiman
Menko Maritim Rizal Ramli bersama Menhub Ignasius Jonan usai pelepasan kereta Brantas jurusan Kediri di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Rabu (29/6/2016) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yurike Budiman

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Guna meningkatkan keselamatan dan keamanan transportasi, serta meningkatkan kualitas pelayanan jasa transportasi kepada masyarakat, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memberikan program mudik gratis untuk sepeda motor yang diangkut dengan kereta api.

Jonan mendatangi Stasiun Senen bersama Menko Maritim Rizal Ramli, memberangkatkan sedikitnya 187 motor, hari ini, Rabu (29/6/2016) menggunakan kereta api ke kampung halaman masing-masing peserta.

"Ini angkutan motor gratis tadi, kalau yang ini 187 motor. Tapi program pemerintah secara keseluruhan kuota tahun ini 27 ribu motor," ujar Jonan usai pelepasan kereta api Brantas relasi Pasar Senen-Kediri, sore tadi.

Dari 27 ribu motor, terbagi 15 ribu lebih yang diangkut menggunakan kereta api dan 12 ribu menggunakan truk ke berbagai tujuan.

"Tadi kan ini Kereta Brantas, Pasar Senen-Kediri. Tahun lalu kira-kira ada 10 ribu yang pakai truk, ya orangnya naik bis," tuturnya.

Program pemerintah kali ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas dan mengurai kemacetan saat arus mudik berlangsung.

"Ya, ini untuk membantu saudara kita yang ingin naik motor di kampungnya tapi tidak mau melalui jalan raya yang mungkin juga lebih berbahaya dan lebih capek, jadi bisa disediakan fasilitasnya," tuturnya.

Justru ia berharap tahun depan ada 100 ribu motor yang bisa diberangkatkan dikarenakan tahun ini kurang dari targetnya.

"Tapi tahun ini saja gak habis tuh, masih tersisa 10-15 persenan," pungkasnya.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas