Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kepala BIN: Waspada, Sebagian Anggota ISIS Mudik ke Tanah Air

"Sangat mungkin, tapi perlu pendalaman. Kecenderungan (terkait ISIS) ada," kata Sutiyoso.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Kepala BIN: Waspada, Sebagian Anggota ISIS Mudik ke Tanah Air
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso memprediksi bahwa pelaku bom bunuh diri yang terjadi di depan Mapolresta Solo terkait dengan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS.

Hal tersebut, menurut Sutiyoso, diketahui dari hasil pemantauan yang dilakukan BIN, bekerja sama dengan komunitas intelijen dari berbagai negara.

"Sangat mungkin, tapi perlu pendalaman. Kecenderungan (terkait ISIS) ada," kata Sutiyoso saat diwawancarai Kompas TV, Selasa (5/7/2016).

Menurut dia, sejak aksi teror yang terjadi Paris, Turki, dan Istanbul, kelompok ISIS sudah mulai mengubah strategi serangan mereka.

Hal itu tidak terlepas dari semakin terpojoknya gerakan mereka di Irak dan Suriah, oleh pasukan yang terus menggempur posisi pertahanan mereka.

Mantan Ketua Umum PKPI itu menambahkan, kemungkinan serangan bom bunuh diri di Solo oleh kelompok itu dilandasi karena banyak simpatisan ISIS di Tanah Air.

Selain itu juga, banyaknya eks kombatan kelompok tersebut yang telah pulang dari Suriah menambah kemungkinan terjadinya teror oleh kelompok ISIS di Tanah Air.

BERITA TERKAIT

"Nah ISIS ini dia bisa kirim orang. Mereka serang langsung negara yang menjadi musuh mereka, karena di negara asal mereka (Irak dan Suriah), mereka dipojokkan terus," ujarnya.

Penulis: Dani Prabowo

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas