Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pelaku Bom Bunuh Diri Terkait Jaringan Bahrun Naim

Jaringan ini, lanjutnya, terkait kelompok pimpinan Bahrun Naim yang menjadi otak penyerangan

zoom-in Pelaku Bom Bunuh Diri Terkait Jaringan Bahrun Naim
TRIBUNNEWS.com
Akun Facebook milik Bahrun Naim. 

TRIBUNNEWS.COM, SOLO - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Tito Karnavian, mengatakan, N, terduga pelaku bom bunuh diri di Solo, merupakan jaringan sel Jamaah Anshar Daulah Khilafah Nusantara (JAKDN), pimpinan Abu Musaf di Bekasi.

Jaringan ini, lanjutnya, terkait kelompok pimpinan Bahrun Naim yang menjadi otak penyerangan di kawasan Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat, pada awal tahun ini.

"Jaringan ini berafiliasi dengan (kelompok) Bahrun Naim. Dari pengalaman kami, apabila pelakunya benar Nur Rohman, nanti setelah ada tes DNA, maka ada hubungannya dengan Bahrun Naim," kata Tito saat jumpa pers di Mapolresta Solo, Selasa (5/7/2016).

Abu Musaf menjadi tokoh kelompok radikal di wilayah Bekasi dan mempunyai hubungan dekat dengan jaringan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Namun, Tito mengatakan, pihaknya masih menelusuri motif N melakukan aksi bom bunuh diri tersebut.

"Masih didalami. Bisa jadi pelaku beraksi atas perintah dari kelompoknya atau juga bisa inisiatif sendiri sesuai perintah dari ISIS," tuturnya.

Tito juga berharap DPR RI yang tengah membahas revisi UU Terorisme melihat kenyataan di lapangan bahwa paham terorisme sangat berbahaya.

"UU nantinya diharapkan memperkuat penegakan hukum untuk melawan terorisme," katanya.

BERITA TERKAIT

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menyebutkan bahwa terduga pelaku bom bunuh diri di Solo, Jawa Tengah, Selasa (5/7/2016), berinisial N.

Badrodin menyebut nama 'Nur Rohman' sebagai terduga pelaku, namun dia menuturkan bahwa polisi masih menggu hasil tes DNA.

Dalam jumpa pers di Mapolresta Solo, Selasa siang, Badrodin menyebut, N adalah bagian dari kelompok Abu Musaf di Bekasi.

Tito mendampingi Badrodin menggelar konferensi pers di Mapolresta Solo.(M Wismabrata)

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas