Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

'Selamat Jalan Husni Kamil Manik'

Almarhum Husni yang dikenalnya merupakan sosok pemimpin yang jujur, amanah, santun dan berpembawaan tenang.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in 'Selamat Jalan Husni Kamil Manik'
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sejumlah kerabat dan rekan kerja berada di pusara makam saat pemakaman jenazah Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik menuju Masjid dari kediamannya di Jakarta, Jumat (8/7/2016). Husni Kamil Manik wafat di usia 41 tahun pada Kamis (7/7/2016) pukul 21:07 WIB di Rumah Sakit Pertamina karena infeksi organ tubuh. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Gerindra Andre Rosiade menyampaikan bela sungkawa mendalam atas meninggalnya Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat, Husni Kamil Manik di Rumah Sakit Pusat Pertamina

"Selamat jalan Bung Husni, semoga amal ibadahnya diterima disisi Allah SWT. Kita doakan semoga khusnul khotimah, amien," kata Andre dalam pernyataannya di Jakarta, Jumat (8/7/2016).

Sebagai sesama putra daerah dari Sumatera Barat, almarhum Husni sudah dikenalnya sejak mahasiswa, yakni saat aktif di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia.




Almarhum Husni yang dikenalnya merupakan sosok pemimpin yang jujur, amanah, santun dan berpembawaan tenang.

Andre yang sudah bertakziyah pada Kamis malam mengungkapkan bahwa kepribadian baik Husni itulah yang kemudian menghantarkan almarhum menjadi Komisioner KPU Propinsi Sumatera Barat selama dua periode.

Ia berharap pihak-pihak yang mungkin selama hidupnya secara tidak sengaja tersakiti untuk memaafkan almarhum.

Andre juga mengajak seluruh rakyat Indonesia mendoakan almarhum. Bagaimanapun, meninggalnya Ketua KPU Pusat adalah duka bagi bangsa Indonesia.

BERITA TERKAIT

Terlebih, lanjutnya, Bung Husni telah menghantarkan proses demokrasi Pilpres 2014 dengan aman, sukses dan lancar.

Termasuk hajat demokrasi di daerah pada tahun akhir tahun 2015 lalu, yakni Pilkada Serentak.

"Setengah hidup Bung Husni didedikasikan untuk mengawal demokrasi, dari Sumatera Barat sampai ke Indonesia dengan menjadi Ketua KPU Pusat," jelasnya.

Selama menjadi pimpinan penyelenggara pemilu, diakuinya banyak tudingan miring yang dialamatkan kepada KPU. Akan tetapi beliau menghadapi semuanya dengan tenang dan menjawabnya secara transparan. Koordinasi dengan DPR RI, Bawaslu, DKPP, Kemendagri, Kepolisian dan Kejaksaan juga senantiasa dilakukan Husni demi suksesnya pemilu.

"Sebagai teman, sebagai sahabat, kami merasa bangga dengan dedikasi Bung Husni. Indonesia kehilangan sosok yang penuh keteladanan seperti beliau," demikian Andre.

--

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas