Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Lebaran 2016

Tahun Depan Macet Mudik Pindah Dari Brexit ke Pemalang

Pemerintah sedang mempercepat pembangunan jalan tol Trans Jawa yang selesai di 2019

Tahun Depan Macet Mudik Pindah Dari Brexit ke Pemalang
Tribunnews.com/Adiatmaputra Fajar
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto Iskandar 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah sedang mempercepat pembangunan jalan tol Trans Jawa yang selesai di 2019. Untuk tahun ini tol ruas Pemalang-Batang dan Batang-Semarang akan selesai di November.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto Iskandar menilai kemacetan di pintu keluar Brebes Timur (Brexit) tidak akan terjadi lagi saat arus mudik 2017. Pasalnya arus lalu lintas akan berpindah ke ruas Pemalang sampai Semarang.

"Kemacetan akan berpindah tapi tidak separah tahun ini," ujar Pudji, di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (13/7/2016).

Pudji yakin dibandingkan pintu gerbang tol Brexit, ruas tol di Pemalang tidak akan terlalu macetnya. Hal ini disebabkan adanya jalur arteri yang besar, sehingga bisa menampung volume kendaraan arus mudik lebih besar.

"Dari Pemalang masuknya ke jalur-jalur yang bukan utama, misalnya ke jalan arteri," kata Pudji.

Sedangkan jika ruas tol Batang-Semarang sudah jadi, pemudik juga tidak perlu takut terjadi penyempitan jalan saat keluar gerbang. Karena ruas tersebut juga langsung menghubungkan ke jalan tol di dalam kota Semarang.

"Semarang masuk ke tol tidak maslaah lagi," jelas Pudji.

Pudji menambahkan jika ruas tol Pemalang selesai, akan ada pembagian rekayasa lalu lintas di bagi sebelum sampai di Brexit." Harus dibagi, sampai ke Pemalang kalau belum selesai," papar Pudji.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas