Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hari Ini Rizal Ramli Serahkan Jabatan Menko Kemaritiman ke Luhut

Pasca pengumuman perombakan kabinet kerja, ada sembilan posisi di pemerintah yang diganti.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Hari Ini Rizal Ramli Serahkan Jabatan Menko Kemaritiman ke Luhut
Tribunnews.com/Adiatmaputra Fajar
Karangan Bunga Untuk Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menko Kemaritiman 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pasca pengumuman perombakan kabinet kerja, ada sembilan posisi di pemerintah yang diganti. Dua diantaranya adalah posisi Menteri Koordinator.

Untuk Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan dijabat Wiranto yang menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan. Sedangkan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli digeser posisinya oleh Luhut.

Rencananya acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dilakukan pada Kamis (28/7) pada pukul 11.00 WIB. Hal itu menunggu sertijab dari Menteri Perhubungan Ignasius Jonan kepada Budi Karya Sumadi dan Wiranto sebagai Menkopolhukam.

"Rencananya hari ini jam 11.00 di gedung BPPT II Baalroom lantai 3," ujar humas Kemenko Kemaritiman Efrimal Bahri, Kamis (28/7/2016).

Dalam sertijab Kemenko Kemaritiman rencananya akan dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Archandra Tahar. Ke empat menteri tersebut berada di bawah Kemenko bidang Kemaritiman.

Sebelumnya diberitakan Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Luhut Binsar Panjaitan sudah tiga kali terkena perombakan kabinet kerja pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pada awal terbentu kabinet, Luhut menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia sejak 31 Desember 2014 hingga 2 September 2015.

Saat itu, Presiden Jokowi mengangkat Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Kepala Staf Kepresidenan. Pelantikan mantan Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura zaman Presiden BJ Habibie ini, berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Rabu (31/12/2014).

BERITA TERKAIT

Pada 12 Agustus 2015, putera kelahiran Simargala, Huta Namora, Silaen, Toba Samosir, Sumatera Utara, 28 September 1947 lalu itu, ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan menggantikan Tedjo Edhy Purdijatno.

Kembali Presiden Jokowi melantiknya bersama lima menteri lainnya di Istana Negara, 12 Agustus 2015 lalu.

Dalam reshuffle Kabinet Kerja Jilid II pada hari ini, Rabu (27/7/2016), dia kembali diangkat menjadi Menteri Koordinator Kemaritiman menggantikan Rizal Ramli yang dicopot Presiden Jokowi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas