Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Giliran Pendeta dan Mantan Kapalas Batu akan Diperiksa Tim Investigasi Polri

Tim Investigasi Polri akan mengagendakan pemeriksaan kepada pendeta dan juga mantan Kepala Lapas Batu, Nusakambangan, Liberty Sitinjak.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Giliran Pendeta dan Mantan Kapalas Batu akan Diperiksa Tim Investigasi Polri
Abdul Qodir/Tribunnews.com
Liberty Sitinjak 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim Investigasi Polri akan mengagendakan pemeriksaan kepada pendeta dan juga mantan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Batu, Nusakambangan, Liberty Sitinjak.

Seebelumnya, Senin dan Selasa lalu tim selesai melakukan pemeriksaan terhadap terpidana kasus pembunuhan, John Kei di Nusakambangan soal pertemuan antara Freddy Budiman dengan Haris Azhar.

Lapas Batu merupakan satu di antara tujuh lapas yang berada di Pulau Nusakambangan. Di Lapas inilah Freddy Budiman pernah bertemu dengan Haris Azhar yang juga Koordinator KontraS pada 2014 silam.

"Hasil pemeriksaan pada John Kei, dia membenarkan adanya pertemuan dan pembicaraan antara Freddy dengan Haris," kata Ketua Tim Investigasi Polri, Komjen Dwi Priyatno, Sabtu (20/8/2016).

Langkah selanjutnya jenderal bintang tiga ini mengaku tim akan melakukan pemeriksaan pada pendeta dan mantan Kalapas Batu periode September 2013 hingga September 2014.

"Dengan Pak Pendeta sudah ada komunikasi untuk dilakukan wawancara. Kalau mantan Kalapas Batu, masih direncanakan. Nanti akan koordinasi dengan BNN karena BNN kan pernah memeriksa yang bersangkutan," ungkap Dwi.

BERITA TERKAIT

Senin (8/8/2016) lalu, Mantan Kalapas Batu, Nusakambangan, Liberty Sitinjak sudah diperiksa tim internal BNN.

Pemeriksaan ini terkait kebenaran testimoni Freddy Budiman yang mengaku memberikan setoran pada petugas BNN hingga miliaran rupiah.

Kala itu, Sitinjak diundang untuk mengklarifikasi terkait dugaan sabotase CCTV di sel tahanan Freddy yang diduga dilakukan oleh pejabat BNN.

Dari hasil pemeriksaan, Sitinjak membenarkan ada oknum BNN yang datang ke Lapas. Mereka datang saat hari libur Nasional, Kenaikan Isa Almasih sehingga Sitinjak tidak berada di kantor.

Sitinjak juga mengaku tidak mengingat siapa oknum BNN yang mendatangi Lapas. Ia hanya dikabari oleh petugas jaga bahwa telah kedatangan oknum dari BNN.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas