Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jari 98 Apresiasi Naiknya Status Polda di Perbatasan

Arwandi mengapresiasi peresmian kenaikan status Polda Sulawesi Utara (Sulut) dan Kalimantan Barat

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Sanusi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekjen Presidium Jaringan Aktivis Reformasi Indonesia (Jari 98), Arwandi mengapresiasi peresmian kenaikan status Polda Sulawesi Utara (Sulut) dan Kalimantan Barat (Kalbar) dari tipe B menjadi tipe A yang dilakukan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Wakapolri Komjen Budi Gunawan.

"Naiknya Polda Sulut yang diresmikan oleh Wakapolri Budi Gunawan diharapkan bisa meningkatkan pelayanan, kinerja Kepolisian yang lebih profesional sehingga terus dipercaya masyarakat," kata Arwandi, Selasa (23/8/2016).

Selain itu, kata Arwandi, kenaikan tipe Polda Sulut dengan latar belakang lokasi lingkungan daerah yang berbatasan langsung dengan negara asing agar lebih meningkatkan kerjasama kepolisian untuk menangkal kejahatan lintas teritorial yakni kejahatan human trafficking, penyelundupan narkoba, penyelundupan senjata api ilegal, dan lain-lain.

"Peningkatan tersebut juga harus disertai kesiapan seluruh jajaran Polda Sulawesi Utara dalam menghadapi berbagai ancaman dan tantangan ke depan yang semakin berat dan kompleks. Sehingga pelayanannya harus semakin baik, mudah dan cepat diakses masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, kata Arwandi, kenaikan Polda Kalbar yang diresmikan Kapolri Tito Karnavian di Pontianak Kalbar bisa mengantisipasi berbagai ancaman ke depan, mengingat kedua polda itu berada di garis depan Indonesia.

Sehingga sangat wajar jika Polri benar-benar memperhatikan pelaksanaan program-program prioritas, yang menyangkut keamanan dalam negeri dari gangguan atau intervensi asing.

"Dengan naiknya tipe Polda Sulut dan Kalbar itu, situasi kamtibmas bisa semakin kondusif dan menunjang pembangunan," ujarnya.

BERITA TERKAIT

Arwandi melanjutkan bahaya terorisme dan narkoba masih menjadi sorotan publik. Maka itu, kedua Polda itu diharapkan bisa mengantisipasi masuknya barang-barang haram ke Indonesia dan mewaspadai senjata ilegal yang bakal digunakan teroris untuk menyerang keamanan dalam negeri.

"Wilayah perbatasan dan pulau-pulau terluar di Indonesia sangat rentan untuk dijadikan aktivitas segala tindak kejahatan. Maka ini menjadi urgen untuk menaikkan tipe dua Polda tersebut," tandasnya.

Diketahui, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) secara resmi telah naik status dari tipe B menjadi tipe A.

Kenaikan status Polda Sulut itu diresmikan oleh Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan, Senin (22/8/2016), di Mapolda Sulut, Manado, Sulut.‎

Selain Polda Sulut, status Polda Kalimantan Barat juga meningkat jadi Polda tipe A.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas