Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Sutiyoso Belum Dipanggil Presiden

Sutiyoso menegaskan bahwa pengangkatan dan pemberhentian Kepala BIN merupakan hak Presiden.

Sutiyoso Belum Dipanggil Presiden
TRIBUNNEWS.COM/Yurike Budiman
Kepala BIN Sutiyoso 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso mengaku siap diganti. Namun Sutiyoso mengaku belum pernah dipanggil Presiden Joko Widodo untuk membicarakan pergantian jabatan Kepala BIN.

Sutiyoso menegaskan bahwa pengangkatan dan pemberhentian Kepala BIN merupakan hak Presiden.

"Jadi, Kepala BIN harus siap bila sewaktu-waktu diganti. "Ya, harus siap," kata kata Sutiyoso di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (23/8).

"Tapi saya belum pernah dipanggil beliau. Kita tunggu saja itu hak prerogatif beliau. Apapun harus siap, menteri dan kepala lembaga itu harus siap sewaktu-waktu diganti presiden," imbuhnya.

Isu mengenai pergantian Kepala BIN mencuat dalam beberapa pekan terakhir. Isu yang berkembang menyatakan, Wakapolri Komjen Budi Gunawan akan ditunjuk menjadi pengganti Sutiyoso.

Sutiyoso mengaku, isu penggantian dirinya justru ia dapatkan dari wartawan. "Saya kalau ditanya soal itu tidak tahu. Cuma saya dengar rumor dari kalian setiap hari. Jadi kalau saya tidak tahu mau dijawab apa? Jadi ya kalian semua tunggu saja lah, ini kan hak prerogatif presiden," katanya.

Mengenai kehadirannya di Gedung Parlemen pada Selasa siang, Sutiyoso mengatakan bahwa kehadirannya itu tidak terkait isu pergantian Kepala BIN. Sutiyoso mengaku datang untuk bertemu Pimpinan MPR.

Mantan Ketum PKPI itu membantah anggapan dirinya bertemu pimpinan DPR untuk membahas kabar pergantian posisi Kepala BIN.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin mengaku belum menerima surat pergantian Kepala BIN dari Presiden Joko Widodo.

"Secara resmi kami pimpinan di Komisi I belum mendapatkan informasi resmi dari Ketua DPR tentang surat tersebut," kata Hasanuddin di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (23/8).

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Rachmat Hidayat
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas