Tribun

Ciri-ciri Pecandu Narkoba yang Jadi Trending Topics

Akun @SylviaaLinn berkomentar tentang salah satu poin ciri-ciri pengguna narkoba yakni tidak mandi.

Editor: Hendra Gunawan
Ciri-ciri Pecandu Narkoba yang Jadi Trending Topics
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Badan Narkotika Nasional (BNN) merilis 53 ciri-ciri umum pengguna narkoba. Informasi itu menjadi trending topics di jejaring sosial Twitter, dengan hastag #CiriPenggunaNarkoba.

Pantauan Kompas.com, Senin (29/8/2016), hingga pukul 20.00, informasi dari BNN itu mendapat beragam komentar netizen. Sebagian besar komentar bernada gurauan dan mengaitkannya dengan dengan urusan cinta sampai menyinggung masalah politik.

Akun @TwitNews_ID misalnya berkomentar "#CiriPenggunaNarkoba Nomor 34 kok sesuai dengan pemimpin rezim saat ini ya? Eh," tulis @TwitNews_ID, sambil memposting foto berisi tulisan ciri-ciri pengguna narkoba versi BNN.

Akun @SylviaaLinn berkomentar tentang salah satu poin ciri-ciri pengguna narkoba yakni tidak mandi.

"Yang takut man di ituu harus dicurigai. Beda ya males mandi sama takut mandi #CiriPenggunaNarkoba," tulis @SylviaaLinn.

Akun @titineka3 menuliskan, "#CiriPenggunaNarkoba kalo lagi bahas 'utang' purapura ga denger."

Sementara @komabriliant menulis "Jarang mandi, sekali mandi pengennya sama kamu...#CiriPenggunaNarkoba."

Sementara @ardeks menulis "#CiriPenggunaNarkoba ini kayak org curhat ttg mantan y? Udah ngga mau kontak mata, keras kepala, manipulatif."

Adapula netizen yang berkomentar agar orangtua mewaspadai dari ciri-ciri yang diinformasikan BNN itu.

"Betul Banget tuh ciri cirinya. Orang tua harus mewaspadai #CiriPenggunaNarkoba," tulis @PemburuQ.

BNN berharap, informasi itu mengedukasi masyarakat dan memahami ciri pengguna narkoba.

"Ini supaya masyarakat lebih teredukasi supaya masyarakat paham ciri pengguna narkoba," kata Kepala Bagian Humas BNN Komisaris Besar Slamet Pribadi, saat dihubungi Kompas.com, Senin (29/8/2016).

Slamet mengatakan, dengan merilis informasi itu, diharapkan pengguna narkoba melaporkan diri ke BNN agar mendapat pengobatan atau mengikuti rehabilitasi. Pasalnya, jika dibiarkan, pecandu narkoba bisa menyebabkan problem psikologis maupun sosial di lingkungannya.

"Segera melapor diri atau mengobati diri yang sudah terlanjur. Kerabatnya juga dianjurkan untuk melaporkan kalau ada pengguna," ujar Slamet.

Adapun kumpulan ciri-ciri pengguna narkoba tersebut berasal dari riset BNN. Lembaga anti narkoba itu mewawancarai para pecandu narkoba dan 53 ciri-ciri pengguna narkoba tersebut diakses di laman Humas BNN, www.bnn.go.id (Robertus Belarminus)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas