Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KMI Sambut Positif Pencalonan BG Sebagai Kepala BIN

Apalagi BG adalah sosok reformis dan berprestasi selama menjabat di institusi kepolisan.

Penulis: Johnson Simanjuntak
zoom-in KMI Sambut Positif Pencalonan BG Sebagai Kepala BIN
TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN
Wakapolri, Komjen. Pol. Budi Gunawan dalam acara silaturahmi Polri bersama keluarga korban teror Thamrin di Mabes Polri, Jl. Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (22/1/2016). TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menunjuk Komjen Polisi Budi Gunawan sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) untuk menggantikan Sutiyoso.

Edi Humaidi, Ketua Kaukus Muda Indonesia atau KMI kepada wartawan di Sekretarian KMI jalan Kebon Magis, Matraman, Jakarta Timur, Jumat (2/9/2016), menilai penunjukan itu sudah tepat.

Dimata Edi, sosok BG sapaan Budi Gunawan memang cocok untuk menduduki jabatan Kepala BIN, apalagi jika melihat sosoknya yang masih muda dan sangat energik.

"Jaringan sosial politik yang dimiliki BG, termasuk kedekatannya dengan ormas-ormas, khususnya kepemudaan yang ada di Indonesia, sangat luas. Itu lah yang bisa menjadi modal utama beliau menjabat Kepala BIN," katanya.

Edi mengaku kalau penunjukan Budi Gunawan sebagai calon Kepala BIN oleh Presiden sudah diprediksi sebelumnya.

Apalagi BG adalah sosok reformis dan berprestasi selama menjabat di institusi kepolisan.

"Dia itu merupakan lulusan terbaik, ini juga sekaligus menutup tudingan miring terhadap Budi Gunawan selama ini," ujarnya seraya menambahkan kalau KMI akan mendukung langkah Presiden Jokowi yang telah memilih Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kepala BIN.

Bahkan lanjut Edi, KMI akan terus mengawal Budi Gunawan, mulai dari fit and proper test di DPR, hingga pelantikan nanti. "Ini sebagai bentuk dukungan penuh dari awal terhadap sosok Budi Gunawan," katanya.

BERITA REKOMENDASI

Seperti diketahui Presiden Jokowi lewat Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyambangi pimpinan DPR untuk mengantarkan surat Presiden soal pergantian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Pratikno mengkonfirmasi Komjen Budi Gunawan diusulkan jadi Kepala BIN.

"Saya antarkan surat kepada pimpinan DPR yaitu usulan Presiden untuk pergantian Kepala BIN. Jadi Kepala BIN diusulkan nama baru yaitu Pak Komjen Budi Gunawan," ucap Pratikno dalam jumpa pers di Gedung DPR RI, Jumat (2/9).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas