Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hari Ini Surat Usulan Presiden Perihal Pergantian Kepala BIN Dibacakan di Rapat Paripurna

Dirinya berharap rapat Bamus dapat segera menentukan waktu uji kepatutan dan kelayakan di Komisi I.

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Hari Ini Surat Usulan Presiden Perihal Pergantian Kepala BIN Dibacakan di Rapat Paripurna
Tribunnews.com/ Ferdinand Waskita
Suasana di ruang rapat Paripurna DPR. DPR RI menggelar rapat paripurna bertepatan dengan HUT ke-71 DPR, Senin (29/8/2016) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Rapat paripurna DPR RI, Selasa (6/9/2016) akan membacakan surat usulan Presiden Joko Widodo terkait pergantian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) dari Sutiyoso kepada Budi Gunawan.

Surat dari presiden perihal pergantian Kepala BIN telah diterima pimpinan DPR pada Jumat (2/9/2016) lalu.

‎"Surat dari presiden tentang Kepala BIN itu akan dibacakan di Paripurna hari ini," kata Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah di Gedung DPR, Jakarta.

Fahri menuturkan, setelah dibacakan pada rapat paripurna, surat usulan presiden tersebut akan dibahas pada rapat Bamus. Dirinya berharap rapat Bamus dapat segera menentukan waktu uji kepatutan dan kelayakan di Komisi I.

"‎Bamusnya sore ini. Saya berharap sore ini bisa diputuskan dikasih ke Komisi I lalu kalau bisa besok Koomisi I menjadwalkan fit and proper test," tuturnya.

Menurut Fahri, jika memang Rabu esok fit and proper test‎ selesai dilakukan dan berjalan lancar, maka akan dijadwalkan rapat paripurna untuk pengesahan Budi Gunawan. Dikatakkannya, bukan tidak mungkin lusa akan digelar rapat Paripurna untuk pengesahan Budi Gunawan.

BERITA REKOMENDASI

"Kalau memang bisa dianggap bisa cepat, sehingga ada Paripurna lagi hari Kamis (8/9/2016). Kepala BIN sudah bisa disahkan Paripurna, disetujui di Paripurna sehingga kalau presiden melantik hari Jumat (9/9/2016) pun bisa," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas