Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ini Kata Hendro Bila Seorang Polisi Pimpin BIN

Saya kira seorang manajer, seorang pemimpin, itu harus bisa bekerja sama dengan siapa saja

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Ini Kata Hendro Bila Seorang Polisi Pimpin BIN
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan menyampaikan visi misi saat menjalani uji kalayakan dan kepatutan calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) di ruang rapat Komisi I Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (7/9/2016). Komjen Budi Gunawan diusulkan oleh Presiden Joko Widodo menjadi calon Kepala BIN menggantikan Sutiyoso. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS,COM, JAKARTA - Bila Komjen Pol Budi Gunawan jadi dilantik menjadi kepala Badan Intelijen Negara (BIN), maka mantan ajudan Presiden RI ke 5 Megawati Sukarnoputri itu akan menjadi Polisi kedua yang memimpin lembaga yang didominasi oleh TNI tersebut.

Sebelumnya, Jendral Pol (Purn) Sutanto, hanya sekitar satu tahun memimpin lembaga tersebut.

Mantan Kepala BIN, A.M. Hendro Priyono, menyebut Budi Gunawan atau yang akrab dipanggil BG itu adalah seorang yang memiliki kecakapan dalam memimpin.




Sedangkan yang dibutuhkan untuk menjadi kepala BIN adalah kemampuan memimpin yang baik. Dengan modal tersebut Budi Gunawan seharusnya bisa memimpin BIN.

"Saya kira seorang manajer, seorang pemimpin, itu harus bisa bekerja sama dengan siapa saja, dan harus bisa membawa siapa saja ke arah tujuan,"ujar Hendro kepada wartawan, usai ia menemui Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, di kantor Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (8/9/2016).

Bila BG bisa mmemimpin BIN dengan baik, menurutnya para pembantu Kepala BIN termasuk para petugas di lapangan yang berstatus sebagai anggota TNI, akan dapat menerima kehadiran Jendral Polisi bintang tiga itu sebagai seorang pimpinan.

Purnawirawan Jendral TNI AD itu mengingatkan bahwa seorang kepala BIN tidak perlu memiliki kemampuan teknis intelijen, karena hal itu pastinya sudah dikuasai oleh para pembantu kepala BIN.

BERITA TERKAIT

Selain itu manuver seorang intel kata Hendro juga berbeda dengan manuver TNI dan Polri. Ia juga engingatkan bahwa BIN adalah institusi sipil.

"Ini kan institusi sipil, jadi jangan lupa itu, kalau sampai ada tentara polisi di sana, dulu dulu, adalah dia sudah jadi sipil.

"Kalau polisi Budi Gunawan ini kan udah mudahan diantik sebentar lagi, Polisi kan sipil, polisi kan bukan militer, sipil, saya kira pas saja," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas