Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Nur Wahid Ajak Umat Islam Meneladani Gaya Kepemimpinan Nabi Ibrahim

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menjadi khatib dalam Shalat Ied di Lapangan Barat, LPPI, Kemang, Jakarta Selatan, Senin (12/9/2016).

Penulis: Yulis Sulistyawan
Editor: Samuel Febrianto
zoom-in Nur Wahid Ajak Umat Islam Meneladani Gaya Kepemimpinan Nabi Ibrahim
Ferdinand Waskita/Tribunnews.com
Hidayat Nur Wahid 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menjadi khatib dalam Shalat Ied di Lapangan Barat, LPPI, Kemang, Jakarta Selatan, Senin (12/9/2016).

Dalam khotbahnya, Hidayat Nur Wahid menuturkan bahwa hari raya Idul Adha merupakan momen bagi umat Islam meneladani Nabi Ibrahim.

"Idul Adha hari pengorbanan, hari penebusan, hari bahagia di saat Allah membalas pengorbanan Ibrahim dan Ismail dengan penebusan pahala yang sangat besar," ujarnya.

Lebih lanjut dalam khotbahnya, Hidayat Nur Wahid menuturkan bahwa umat Islam harus bisa mengambil pelajaran dari kisah Nabi Ibrahim.

"Kita bisa mengambil pelajaran bahwa seorang pemimpin haruslah mampu memberikan perlindungan pada rakyat yang dipimpinnya, memberikan keteladanan dalam kebaikan, membangun kedekatan dengan rakyat sehingga ketika memimpin, ia melihat dengan pandangan cinta, kasih sayang, penuh toleransi, dan perlindungan. Ibrahim sebagai pemimpin tidak semena-mena pada anaknya atau pada yang dipimpin," ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Ibrahim memimpin dengan mengedepankan dialog dan musyawarah, dan tidak mengambil hak orang lain dengan cara yang tidak dibenarkan oleh syariat atau undang-undang.

"Ibrahim pemimpin yang baik dan benar bukan pemimpin yang merasa baik dan benar. Seharusnya pemimpin itu memberikan kebaikan, kemaslahatan, sebanyak-banyaknya pada yang dipimpin," katanya.

BERITA TERKAIT

Masih dalam kotbahnya, Nur Wahid menjelaskan bahwa kepemimpinan adalah sesuatu yang konkrit dan diestafetkan.

"Kepemimpinan itu harus dipersiapkan dan direncanakan. Ibrahim mengajarkan, mendidik, dan membina keturunannya untuk mewariskan kepemimpinan," ujar Hidayat Nur Wahid.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas