Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lukisan Hingga Kesenian Bali 'Mejeng' di Hongaria

pengunjung juga dimanjakan memperkenalkan kesenian tradisional Bali dengan menampilkan Tari Joged

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Lukisan Hingga Kesenian Bali 'Mejeng' di Hongaria
Dokumentasi Pensosbud KBRI untuk Hongaria

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pada 7 Oktober 2016, Duta Besar RI untuk Hongaria, Ibu Wening Esthyprobo membuka secara resmi pameran foto dan lukisan Bali di Galery of Castle, Hungarian National Museum di kota Esztergom, 60 km ke utara dari Budapest.

Berdasarkan siaran pers dari Pensosbud KBRI untuk Hongaria, Sabtu (8/10/2016), pengunjung tampak sangat menikmati foto-foto hasil karya Dorottya, yang seakan membawa pengunjung merasakan sendiri berada ditepi pantai atau ditengah keramaian warga Bali.

Selain menikmati lukisan bernuansa Bali, pengunjung juga dimanjakan memperkenalkan kesenian tradisional Bali dengan menampilkan Tari Joged dari Bali yang dibawakan warga Hongaria asuhan salah seorang diaspora Indonesia, Irda Risdiarti yang juga merupakan binaan KBRI Budapest.

Penampilan tari tersebut diiringi dengan permainan rindik Bali yang memukau oleh warga Hongaria mantan penerima Darmasiswa dari Indonesia.

KBRI Budapest juga tak lupa menyediakan bagi para tamu undangan dan pengunjung lainnya kuliner khas Indonesia, yaitu lemper, kue lumpur dan Kue Bolu Kukus yang ternyata sangat diminati  oleh warga Hongaria tersebut.

Dalam sambutannya, Dubes RI Wening menyampaikan rasa bangganya karena promosi Indonesia dilakukan oleh seniman terkenal asal Hongaria  yaitu oleh sepasang suami istri  Szuk Norbert dan Dezsery Dorottya. 

Keduanya adalah Indonesian Art Lovers yang menuangkan rasa cintanya melalui sapuan kuas  berupa lukisan mengenai Bali dan Jawa oleh Szuk Norbert dan visual fotografi keindahan alam Bali oleh Dezsery Dorottya.

BERITA TERKAIT

Duta Besar RI untuk Hongaria menambahkan bahwa lukisan-lukisan Szuk Norbert selain menggunakan permainan warna dinamis yang berani akan tetapi juga sangat harmonis dengan guratan-guratan sisi kehidupan penari, profil wayang dan keindahan pulau dewata sendiri.

Diharapkan, promosi secara terpadu ini dapat meningkatkan rasa ketertarikan masyarakat Hongaria kepada seni dan budaya Indonesia, seperti kata penutup dari Dubes Wening, "Jangan lupa datang ke Indonesia".

Mrs. Etelek Romanek, Walikota Esztergom, dalam sambutannya menyampaikan kekagumannya atas keindahan Indonesia yang terefleksikan dari foto dan lukisan yang dipamerkan selama satu bulan kedepan tersebut. 

Walikota Esztergom juga menyatakan kesediaannya untuk melakukan kerjasama tidak hanya di bidang seni budaya akan tetapi sektor lainnya juga dengan KBRI Budapest.

Sementara itu, Mr. Gabor Rezi-Kato, Direktur Galeri Museum Kastil dalam sambutannya merasa bangga dan terhormat dengan diselenggarakannya pameran foto dan lukisan bertemakan pulau Bali tersebut.

Mr. Gabor memiliki keyakinan bahwa para pengunjung yang tidak hanya berasal dari Hongaria akan tergugah hatinya untuk dapat langsung menikmati keindahan pulau dewata dengan bertamasya langsung ke Pulau Bali.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas